Beginilah Tips Naik Pesawat Terbang Dan Benda Yang Dilarang Untuk Dibawa!

Beginilah Tips Naik Pesawat Terbang Dan Benda Yang Dilarang Untuk Dibawa!

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang bahan bakar pesawat terbang, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa tips tata cara naik pesawat terbang. Bagi anda yang besok atau lusa atau punya keinginan ingin bepergian dengan transportasi pesawat terbang tentunya artikel kali ini sangat bermanfaat untuk anda semua.

Tips Naik Pesawat Dengan Benar

1. Beli Tiket Pesawat Dan Cek Identitas Anda

Diera globalisasi ini semua hal akan menjadi makin mudah termasuk jugadalam membeli tiket pesawat. Karena anda bisa mendapatkan tiket pesawat dari banyak tempat dengan berbagai cara. Selain itu anda bisa memesannya melalui agen travel, website resmi maskapai penerbangan maupun dari situs-situs perjalanan. Hal yang harus diperhatikan adalah  anda harus sesuaikan jam keberangkatan dengan ketentuan anda.

Gambar terkait

2. Perhatikanlah Kuota Bagasi Maskapai Yang Telah Di Pilih

Pada setiap maskapai memiliki limit bagasi masing-masing yang ditawarkan. Anda harus mampu memperkirakan berat barang bawaan sesuai limit maskapai penerbangan tersebut.  Namun  jika barang bawaan anda melebihi limit maka anda akan dikenakan biaya lebih untuk per kilogram.

3. Jangan Sampai Salah Bandara Dan Terminal

Terlebih dahulu cek kembali tiket pesawat yang telah anda beli. Lalu perhatikan bandara mana dan terminal berapa yang harus anda datangi. Jika anda salah bandara dan terminal tentunya nanti anda akan ketinggalan pesawat.

Gambar terkait

4. Sebaiknya Anda Harus Datang Lebih Awal Sebelum Boarding

Tips selanjutanya anda hrus memperhatikan jam boarding pesawat. Lebih baik sampai di tempat 1jam sebelum jam keberangkatan. Berangkatlah dari rumah sekitar satu atau dua jam sebelum jam tersebut. Adalagi beberapa hal yang harus anda urus dan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Jika anda datangnya telat maka tentunya akan membuat anda ketinggalan pesawat.

5. Ketahuilah Barang – Barang Yang Tidak Diperbolehkan Bawa Ke Pesawat

Sebelumnya anda akan di check oleh securtity pesawat maka pasttikan anda mengetahui barang yang dilarang untuk dibawa kepesawat. Karena jika ada barang yang sebenarnya di larang dipesawat namun berada dibagasi anda maka akan memperpanjang waktu yang anda habiskan. Jadi berhati – hatilah dengan barang bawaan anda.

6. Melakukan Check In Pada Loket Sesuai Maskapai Yang Dipilih

Tips berikutnya setelah melakukan security check awal. Kemudian anda bisa langsung menuju loket untuk check in. Di loket itu, anda akan mendapat boarding pass anda. Dan juga barang-barang berukuran besar seperti koper juga harus diserahkan untuk ditimbang dan masuk bagasi. Pada saat menukar boarding pass maka anda bisa meminta petugas untuk memberikan tempat duduk yang nyaman untukmu. Seperti halnya anda lebih memilih duduk di samping jendela atau di tengah.

baca juga Cara mengendarai motor kopling

Gambar terkait

7. Periksa Gate Keberangkatan Dan Tunggu Di Ruang Yang Disediakan

Hal penting lainnya yang harus anda ketahui adalah cek gate keberangkatan. Gate keberangkatan ini biasanya tertera pada boarding pass yang telah anda dapatkan dari loket check in. Maka lihat gate keberangkatanmu dan tunggulah di ruang yang telah disediakan. Jangan sampai  terlalu jauh dari gate tersebut supaya tak ketinggalan info penerbangaan.

8. Simak Pengumuman Mengenai Status Pesawat

Pastikan anda tidak melamun atau mendengarkan lagu dengan menggunakan earphone dengan volumenya cukup besar. Karena jika hal inii terjadi anda bisa melewatkan pengumuman yang penting mengenai pesawatmu. Tentu nantiya informasi seputar status penerbangan akan selalu disampaikan melalui pengumuman terbuka seperti itu. Maka anda harus dengarkan setiap pengumuman yang ada. Meski demikian anda harus tetap bisa bersantai sembari menunggu waktu penerbangan tiba.

9. Persiapkan KTP Dan Boarding Pass Saat Sudah Akan Masuk Pesawat

Sebelum anda naik pesawat pastinya petugas akan memeriksa boarding pass dan KTP-mu. Maka siapkan dulu keduanya agar nantinya tidak terburu-buru dan kebingungan mengeluarkannya dari dalam tas berulang kali.  Dikarenakan pemeriksaan akan berlapis pastikan anda menyimpan keduanya di dalam dompet yang benar.

Hasil gambar untuk boarding pass

10. Carilah  Tempat Duduk Sesuai Nomor Yang Tertera Di Boarding Pass

Periksa boarding pass-mu disitu ada nomer tempat duduk yang tertera. Kemudian Cari tempat dudukmu sesuai nomor yang tertera di boarding pass tersebut. Untuk membuat anda nyaman sebaiknya anda tidak salah memilih tempat duduk.

11. Perhatikanlah  Intruksi Keselamatan Yang Diperagakan Awak Pesawat

Pada setiap penerbangan maka awak pesawat akan memeragakan instruksi keselamatan di udara. Bagi anda yang pertama kali naik pesawat dan belum pernah mengetahui hal tersebut sebaiknya anda perhatikan para awak pesawat tersebut. Karena informasi itu penting untuk anda ketahui sebagai upaya mengantisipasi hal – hal genting.

12. Periksa Kembali Dan Ambil Tasmu Di Bagasi Pastikan Tak Ada Yang Tertinggal

Jika anda sudah sampai ketujuan jangan lupa mengambil barang-barang di bagasi. Temtunya sesuai nomor penerbangan. Periksa kembali dan perhatikan baik-baik barang bawaan supaya tidak tertukar dengan orang lain.

Informasi diatas akan membuat anda lebih rileks lagi dalam menaiki pesawat terutama bagi anda sebagai pemula. Selain itu di dalam pesawat terdapat aturan – aturan selain pada pengecekan barang. Aturan lainnya seperti kita tidak disarankan membawa barang yang dilarang untuk di bawa kepesawat. Bagi anda yang penasaran maka beriut ini merupakan barang yang dilarang dibawa di pesawat.

Gambar terkait

Benda yang di batasi dan dilarang  bawa ke pesawat

1.Alat Tumpul Yang Memiliki Potensi Menyebabkan Cidera

Ternyata benda tumpul  termasuk benda yang tidak boleh dibawa di pesawat meski bukan seperti benda tajam yang berbahaya. Para penumpang  pesawat tidak boleh membawa benda – benda tumpul yang menyebabkan potensi cidera bagi penumpang lainnya ke dalam kabin pesawat. Terdapat peraturan maskapai penerbangan Indonesia menyatakan bahwa benda – benda ini wajib untuk disimpan di bagasi check in.

Alat tumpul

Anda tidak boleh membawa alat tumpul apapun dalam bagasi jinjing Anda yang berpotensi menyebabkan celaka dan alat tumpul ynag di maksud seperti :

  • Alat Pemukul Baseball dan softball
  • Alat Pemukul cricket
  • Alat pentungan atau tongkat pendek yang keras dan fleksibel, misalnya truncheon, blackjack dan tongkat kecil (baton)
  • Dayung pada kayak atau kano
  • Kail pada pancing
  • Lainnya papan luncur dan papan panjang
  • Perlengkapanuntuk ilmu bela diri, misalnya knuckleduster, tongkat, pentungan (club), pencambuk (flail), numchuck, kubaton dan kubasaunt
  • Tongkat pada bilyar, snooker dan bilyar pul
  • Tongkat pada lacrosse
  • Tongkat untuk Hockey
  • Tongkat untuk olahraga golf

Hasil gambar untuk alat pemukul baseball

2.Benda – Benda Memiliki Bahan Gas

Selain benda tumpul, tiap penumpang pesawat terbang juga wajib menghindari untuk membawa barang-barang yang memiliki kandungan gas, seperti gas kimia oksigen, aerosol, cat semprot, dan benda-benda lain yang terkandung bahan gas. Mirip seperti benda-benda peledak, gas rupanya dapat memicu sebuah ledakan dan dapat mengancam jiwa penumpang jika berada di tekanan tertentu.

3. Senjata Dan Benda Tajam

Benda yang dilarang dibawa di dalam pesawat lainya seperti senjata tajam yang memang sudah lama dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat. Berbagai jenis senjata tajam dan senjata api di takutkan akan membawa petaka atau kejadian yang tidak di sangka-sangka. Para penumpang pesawat terbang dilarang keras untuk membawa berbagai bentuk benda tajam, seperti pisau, pedang, dan berbagai benda tajam lainnya ke dalam bagasi. Larangan seperti ini juga berlaku untuk berbagai jenis senjata api, senapan, katapel, dan senjata mainan.

Tetapi untuk beberapa jenis senjata yang digunakan untuk keperluan olahraga, boleh dibawa di bagasi check in dengan syarat tertentu. Yang termasuk dalam golongan  benda tajam itu cukup ketatdari barang-barang yang kelihatannya tidak berbahaya dan sepele seperti gunting kuku, gunting kecil, pinset alis hingga pisau cukur. Itulah contoh benda yang tidak boleh masuk ke dalam bagasi penumpang pesawat terbang  untuk membawa berbagai bentuk benda tajam. Dan sebaiknya barang-barang ini disimpan di dalam bagasi check in.

Senjata & benda yang lancip/tajam

Untuk lebih spesifiknya senjata atau benda tajam yangdimaksud dan dilarang dibawa ke pesawat adalah seperti berikut ini :

  • Alat panah sertaanak panah dan damak (dart)
  • Besi untuk panjat (climbing iron)
  • Alat gunting
  • Jack-knives atau pisau yang bisadi lipat (flick knife) dengan segala ukuran mata pisau
  • Jarum digunakan untuk memenuhi hobi dan jarum rajut, yang terbuat dari logam atau bahan lain yang cukup kuat untuk digunakan sebagai senjata
  • Benda seperti kapak dan beliung (hatchet)
  • Benda kapak untuk es dan penusuk es
  • Alat parang panjang (Machete)
  • Pisau untuk bedah
  • Pisau untuk cukur (tidak termasuk pisau cukur elektrik atau sekali pakai dengan mata pisau di dalam penutupnya)
  • Pisau untuk daging (meat cleaver)
  • Pisau,lainnya antara lain pisau upacara, yang terbuat dari logam atau bahan lain yang cukup kuat untuk digunakan sebagai senjata
  • Alat seperti Sabres, pedang dan tongkat berpedang (sword stick)
  • Segala alat yang dapat digunakan sebagai senjata lancip atau tajam, misalnya bor dan mata bor, pisau Stanley, pisau kerja (cutter), semua gergaji, obeng, linggis, palu, tang, kunci inggris dan kunci pas/pipa, peralatan patri
  • Benda seperti sepatu luncur (ice skate)
  • Throwing star dan tongkat ski atau jalan/pendakian

Gambar terkait

  1. Senjata Api Dan Bahan Peledak Yang Berpotensi Membahayakan

Para penumpang pesawat sipil dilarang membawa senjata api yang secara umum merupakan bentuk pelanggaran yang dapat mengancam keselamatan penumpang. Bagi senjata api sendiri tentunya sudah memiliki divisi penerbangan khusus yang mengangkut senjata api. Bahan seperti peledak, zat yang mudah terbakar, zat kimia, dan racun seperti asam, alkali, zat korosif, bahan radioaktif. Khusus untuk bahan peledak berlaku untuk semua maskapai penerbangan Indonesia melarang keras untuk membawa barang ini ke dalam pesawat termasuk baik bagasi check-in atau kabin pesawatnya.

Bahan peledak serta zat-zat yang mudah terbakar

Selain benda di atas anda jug a dilarang keras untuk membawa benda dan  zat yang mudah terbakar dan berpotensi meledak seperti :

  • Benda seperti kaleng cat semprot aerosol
  • Minuman yang beralkohol yang melebihi 70% dari volume (140 proof)
  • Pemicu terjadinya peledakan
  • Detonator serta sumbu
  • Bahan peledak serta alat – alat eksplosif
  • Benda seperti kembang api atau cerawat dalam bentuk apa pun (termasuk petasan, petasan Hari Raya, dan mercon)
  • Bahan bakar cair yang sangat mudah terbakar, misalnya bensin, solar, bahan bakar cairan yang lebih ringan, alkohol, etanol
  • Gas dan juga botol gas seperti butana, propana, asetilena, oksigen dalam jumlah besar
  • Granat dan amunisi
  • Alat perangkat gerakan pribadi atau perangkat keseimbangan diri yang beroperasi dengan baterai litium, seperti hoverboard, airboard, oxboard, e-skate, waveboard, dan U-runner
  • Alat ranjau dan alat peledak militer lainnya
  • Replika atau semacam tiruan bahan eksplosif atau bahan peledak
  • Granat ataupun peluru asap
  • Terpentin dan juga pengencer cat

Hasil gambar untuk petasan

*Pemantik api kecil dan korek api yang aman hanya boleh dibawa sendiri tetapi tidak dalam tas jinjing.

5. Produk Yang Diasilkan Dari Hewan

Produk yang berasal dari hewan umumnya memiliki bakteri yang mudah menginfeksi. Oleh karenanya pada maskapai penerbangan Indonesia melarang keras para penumpang pesawat untuk membawa susu segar, daging segar, dan produk dari susu semisal keju. Hal ini tentu dikarenakan produk-produk ini dapat mengandung bakteri pathogen yang dapat menginfeksi.

6. Zat Yang Cair Lebih Dari 100 Ml

Bagi para penumpang pesawat terbang tidak boleh membawa cairan lebih dari 100 ml per kemasan ke dalam bagasi kabin. Namun  pengecualian untuk penumpang yang membawa membawa makanan bayi ataupun obat-obatan yang dikonsumsi selama penerbangan dan juga termasuk makanan diet khusus seperti bagi penderita diabetes yang boleh dibawa selama melakukan perjalanan via udara. Dan  untuk para wanita anda sebaiknya peralatan-peralatan kosmetik anda yang berbentuk cairan, sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya (termasuk parfum) ditaruh ke dalam koper untuk disimpan ke dalam bagasi check in. Seperti  body spray ataupun produk kecantikan lain yang dikemas dalam tabung aerosol sebaiknya tidak usah dibawa saja. Hal ini dikarenakan pada tekanan tinggi di pesawat bisa menyebabkan tabung aerosol meledak.

Zat kimia dan beracun

Anda dilarang membawa serta zat kimia atau beracun apa pun yang dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan atau barang milik para penumpang dan awak pesawat atau terhadap keamanan pesawat. Zat yang dimaksud diatas mencakup :

Gambar terkait

  • Zat kimia asam dan alkali contohnya aki ‘basah’ yang bisa tumpah.
  • Zat – zat korosif atau sebagai pemutih seperti merkuri dan klorin
  • Benda seperti semprotan melumpuhkan atau pembuat tak berdaya misalnya semprotan pala, merica, gas air mata
  • Pemadam untuk api
  • Bahan – bahan yang dapat menular atau yang berbahaya secara biologis misalnya darah yang terinfeksi, bakteri dan virus
  • Bahan yang bisa menyebabkan pengapian atau pembakaran spontan
  • Racun yang bisa membahayakan
  • Bahan seperti radioaktif misalnya isotop untuk pengobatan atau komersial
  • Kartrij printer dan juga toner

Dari sini kita dapat melihat bahwa bukan hanya senjata api saja yang tidak diperbolehkan dibwa kepesawat melainkan juga pada benda tumpul yang dikategorikan berbahaya. Bagi anda para pemula tentunya tidak perlu khawatir jika nantinya akan di check oleh petugas barang bawaanya karena jika memang anda belum tahu meski barang disita namun tetap wajar. Namun bagi anda  yang terbiasa bepergian menggunakan pesawat terbang sebaiknya lebih menaati aturan tata tertib pesawat terbang.

Hal ini demi menjaga kenyamanan anda di dalam pesawat. Selain itu juga sebaiknya anda tidak salah masuk terminal di bandara nanti karena jika salah masuk pastinya akan memakan begitu banyak waktu untuk berpindah tempat yang semestinya. Tentunya jangan lupa sebagai dasar untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anda sebaiknya tiket pesawat dan identitasmu di cek kembali.

Terima kasih semoga bermanfaat . Jangan lupa info menarik tentang mobil cooper disini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *