Mencengangkan Beginilah Fakta Menarik Tentang Mini Cooper!

Mencengangkan Beginilah Fakta Menarik Tentang Mini Cooper!

Mobil mini cooper merupakan  sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 sampai 2000. Model asli mobil ini dianggap sebagai ikon dari Inggris pada tahun 1960-an.  Memiliki mesin yang melintang karena berpenggerak roda depan memungkinkan 80% luasan lantai digunakan untuk penumpang dan bagasi telah berpengaruh besar pada para pembuat kendaraan. Mungkin sebagian dari anda ada yang sudah mengoleksi mobil mini ini karena desainnya yang unik dan nyentrik tenttu akan memimkat mata banyak orang.  Namun bagi anda yang masih memiliki planning untuk membeli mobil mini ini maka inilah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil mini cooper.

A. Kelebihan Mobil Mini Cooper

1. Memiliki Desain Sporty dan Unik

Mobil mini ini memiliki salah satu kelebihan yang paling terlihat dari mobil ini adalah desainnya yang cukup sporty dan tampilnya yang unik.  Memiliki desain eksterior yang benar-benar tampil tegas dari sisi sporty nya. Meskipun desainnya kecil akan tetapi  mobil ini tetap handal untuk dikendarai di jalanan dengan kecepatan tinggi sekalipun.

2.  Memiliki Desain Interior Yang Elegan dan Lapang

Gambar terkait

Selain desain eksteriornya yang menarik, dilihat dari sisi interior dari mobil ini yang cukup elegan dan juga lapang. Tak dipungkiri sehingga unsur kenyamanan bagi penumpang mobil ini tak perlu diragukan lagi.  Pada posisi jok begitu nyaman karena dilapisi dengan materila kulit jok yang berkualitas. Serta Kabinnyapun cukup padat namun tetap terasa lapang. Hal yang paling unik adalah bahkan suara-suara yang berasal dari luar mobil tidak akan menganggu hingga ke dalam mobil sehingga anda tetap terasa tenang dan nyaman.

3. Penggunaan Mesin Terbaru dan Bertenaga

Mini cooper merupakan mobil mini yang dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga dan terbaru yang pastinya membuat peforma mobil menjadi lebih tangguh.  Dalam Rata – rata mobil Mini Cooper ini menggunakan mesin teknologi MINI Twin Power Turbo Engine yang dapat memiliki kecepatan tertinggi hingga beratus-ratus km/jam dan tentunya tangguh untuk digunakan dijalanan padat sekalipun.

4. Memiliki Fitur dan Fasilitas Mewah

Jika kita dapat melihat dari fitur-fitur serta fasilitas yang ditanamkan pada Mini Cooper ini.   Tentu anda bisa merasakan sensasi fitur serta fasilitas yang mewah dengan teknologi terbaru. Pada setiap tipe mobil memiliki fitur nya masing-masing. Sebut saja saja Mini Cooper Countryman yang dibekali dengan teknologi Automatic Stability Control+Traction yang membuat sistem kerja mobil menjadi lebih stabil serta akselerasi yang mudah meskipun di jalanan yang berbelok sekalipun. Terdapat juga fitur 4 sensor pada sistem pengereman ABS yang dilengkapi CBD+EBD yang membuat mobil dapat otomatis berhenti mendadak saat berada di kecepatan tinggi. Hal demikian yang menjadi keunggulan Mini Cooper pada sistem keamanan dan keselamatan penumpang.

Gambar terkait

5. Mobil Spesial dan Unik

Mobil ini kerap kali memang dianggap cukup spesial dan unik karena bentuknya yang memang berbeda dari tipe mobil hatcback pada umumnya. Hal ini dikarenakan memiliki kesan fun to drive yang dapat langsung terasa saat dikendarai. Selain itu Mini Cooper juga hadir dengan 2 pilihan mesin yaitu mesin bensin serta mesin diesel yang sama sama memiliki keunggulan masing-masing.

6. Memiliki Ban Mobil Kokoh

Keunggulan lainnya dari Mini Cooper adalah ban mobil nya yang cukup kokoh. Ini disebabkan oleh pemilihan ban runflat yang digunakan sehingga masih tetap dapat digunakan meskipun dalam kondisi yang kempes. Pada dinding samping yang juga diperkuat maka dapat memungkinkan anda mengendari kendaraan hingga 90 mil dengan kecepatan maksimal 50 mph. Maka tidak heran jika saat ban sedang bocor  maka anda tidak perlu membongkar dan mengganti ban.

7. Fitur Keamanan Yang Lengkap

Gambar terkait

Kelebihan lainnya yang dimiliki mobil ini dapat anda temukan adalah pada fitur-fitur keamanan yang dipasangan pada Mini Cooper. Seperti pada tipe Mini Cooper Countryman yang didukung dengan sistem pengereman ABS yang dilengkapi dengan teknologi CBC atau Cornering Brake Control serta Electronic Brakeforce Distribut on membuat pengereman kendaraan menjadi maksimal dan tentunya membuat berkendara semakin aman.

8. Menghadirkan 5 Pintu

Belum lama ini Mini Cooper hadir dengan varian terbarunya yang menggunakan konsep 5 pintu. Produksi mobil terbaru ini tentu saja akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen. Dan bagi anda yang menginginkan mobil dengan kapasitas besar, pilihan mobil seperti ini akan sangat menguntungkan bagi anda.

9. Memiliki Desain Leg Room Yang Lapang

Jika kita melihat dari sisi kenyamanan berkendara maka Mini Cooper mendesain leg room lebih kuat dan lapang sehingga memberikan ruang yang lebih lapang. Oleh karenanya pengemudi dan penumpang yang berada di depan tidak akan merasa pegal karena melipat kaki selama perjalanan. Andajuga bisa dengan leluasa mengendarai mobil tanpa takut lelah.

B. Kekurangan Mobil Mini Cooper

Meski memiliki banyak kelebihan akan tetapi mobil Mini Cooper juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu anda ketahui :

1. Harga Yang Relatif Mahal

Gambar terkait

Kekurangan dari mobil Mini Cooper yang paling menonjol adalah dengan harga jualnya yang cukup mahal di Indonesia. Jika ukuran termurahn saja pada mobil ini dibanderol dengan harga mencapai 500 juta rupiah. Dan yang mengejutkannya harga mobil ini di Indonesia jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan negara lainnya. Pasalnya mobil Mini Cooper memang termasuk mobil premium dengan segala fitur berteknologi terbaru yang pastinya memanjakan pengemudi kendaraan di dalamnya. Maka tak heran jika harga nya mencapai nominal tersebut.

2. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Boleh Sembarangan

Hal unik yang termasiuk kekurangan yang dimiliki oleh mobil Mini Cooper ini adalah pemilihan bahan bakarnya yang tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan mobil Mini Cooper dibekali dengan mesin yang berteknologi cukup tinggi. Maka tidak heran mobil ini hanya direkomendasikan bahan bakar yang beroktan minimal 95 untuk Mini Cooper. Tentunya hal ini  membuat biaya bahan bakar menjadi meningkat. Hal lainnya jika anda sembarangan menggunakan bahan bakar akan membuat mesin mobil menjadi kurang bertenaga walaupun konsumsi bahan bakar Mini Cooper cukup irit.

3. Memiliki Suspensi Kurang Nyaman

Walaupun mobil ini termasuk mobil kelas premium namun Mini Cooper bukanlah mobil yang terlalu nyaman. Pada mobil ini memiliki suspensi yang termasuk keras dibandingkan dengan mobil jenis lainnya. Selain itu pengendaliannya pun cukup berat apalagi jika anda menggunakan Mini Cooper di jalanan yang rusak dan berlubang.

4. Biaya Perawatan Yang  Mahal

Gambar terkait

Jika kita melihat harga jual mobil ini termasuk maka hal ini juga akan berkaitan dengan biaya perawatan dari mobil Mini Cooper. Pasalnya jika mobil anda mengalami kerusakan-kerusakan pada komponennya tentu saja anda harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi karena harga komponen mobil Mini Cooper yang cukup mahal di pasaran. Maka hal terpenting bagi anda yang memiliki mobil  mini , anda harus pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mobil anda.

Deretan  Harga Mobil Mini Cooper Di Indonesia

1. Mobil Mini Cooper Countryman

Jika anda yang mencari mobil Mini Cooper berukuran besar maka bisa memilih seri Countryman. Kelebihan yang dimiliki mobil adalah memiliki 4 pintu dengan ruang kabin yang lega dan bagasi luas. Memiliki mesin yang bertenaga dan lincah dengan mengandalkan mesin berkapasitas 1.499cc dengan konfigurasi 3 Silinder yang dilengkapi Turbocharger untuk menghasilkan tenaga sebesar 136 PS dan torsi 220 Nm. Yang lebih menariknya Mini Countryman sudah dirakit lokal, sehingga harganya 100 Juta lebih murah dibandingkan versi CBU yakni harganya cuma 599 Juta (off the road).

2. Mobil Mini Cooper Countryman S

Gambar terkait

Di pabrik Mini Indonesia yang bertempat di Sunter, Jakarta Utara juga merakit Mini Cooper S Countryman Sport yang dibanderol Rp. 769 Juta (off the road). Dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan versi CBU. Meskipun demikian mobil rakitan Indonesia ini tetap memiliki kenyamanan dan kemewahan layaknya versi CBU. Selain itu mobil ini juga memiliki mesin berkapasitas 1988 cc yang dilengkapi TwinPower Turbo untuk menghasilkan tenaga sebesar 192 PS serta torsi 280 Nm. Dan tersedia pula transmisi Sports Automatic 8 Percepatan yang menjadikannya bisa melesat dari 0-60 mph dalam waktu 7.2 detik.

3. Mobil Mini Countryman John Cooper Works

Memiliki kabin mewah bertabur fitur canggih menjadi salah satu kelebihan Mini Countryman John Cooper Works. Yang mana didalamnya sudah ada fitur Mini Head-Up Display selain itu Parking Assistan dengan kamera belakang serta sistem audio Harman Kardon 12-Loudspeaker HiFi. Lalu bergeser ke bagian kaki – kaki dibekali velg JCW 19 Inci dengan warna Dual Tone yang menjadikan mobil ini terlihat lebih gagah dan berkesan sangat mewah. Memiliki mesin TwinPower Turbo, 2.0-liter, 4-cylinder Valvetronic yang bisa memproduksi tenaga sebesar 228 Horsepower dan torsi 258 lb-ft.

4. Mobil Mini Cooper Clubman S

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa semua mobil Mini memiliki interior yang mewah dan canggih.  Nampak juga pada Mini Cooper Clubman S yang telah dilengkapi sistem navigasi berlayar sentuh dan mendukung Apple Car Play. Dengan performa mesinnya juga lebih bertenaga dibandingkan Mini Clubman standar. Hal inilah yang menyebabkan mobil ini telah ditenagai mesin TwinPower Turbo dengan kubikasi 2.0 Liter 4 Silinder yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 189 Horsepower pada 5.000 rpm dan torsi 207 lb-ft pada 1.350 rpm.

Gambar terkait

4. Mobil Mini Cooper Clubman

Mobil mini ini dilengkapi dengan mesin 1.5 Liter 3 Silinder yang dioptimalkan teknologi TwinPower Turbo sehingga bisa menghasilkan tenaga mencapai 134 Horsepower pada 4.400 rpm dan torsi 162 lb-ft pada 12.500 rpm. Mesin ini yang menjadikan mobil ini bisa berakselerai dari 0-60 mph dalam waktu 8.9 detik. Hal ini pula yang menjadikan  sistem penggerak All Wheel Drive dan beragam fitur lainnya seperti Active Drive Assistant, Airbags, Headlight LED, dan Adaptive Cruise Control.

5. Mobil Mini Clubman John Cooper Works

Tentu nya jika kita melihat penjelasan sebelumnya bahwa harga mobil Mini Cooper Clubman ini dibanderol lebih mahal. Hal ini dikarenakan performa mesin yang lebih powerfull. Dimana jantung pacunya ditenagai mesin 2.0 Liter 4 Silinder dengan TwinPower Turbo yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 228 Horsepower pada 5.200 pm dan torsi 258 lb-ft pada 1.450 rpm. Mesin ini yang membuat Mini Clubman John Cooper Work bisa berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 6 detik dan top speed hingga 236 km/jam.

6. Mobil Mini Cooper Convertible

Jika melihat harga mobil Mini Cooper ini di pasaran dibanderol mencapai 810 Jutaan dan memiliki atap yang bisa dibuka tutup secara elektrik. Memiliki desain sangat stylish dan terlihat cukup unik. Selain itu mobil ini juga bisa mengangkut 4 penumpang, namun pintu masuknya hanya dua. Jika dilihat dari spesifikasinya ditenagai mesin 1.5 Liter 3 Silinder dengan dengan teknologi TwinPower Turbo yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 134 Horsepower dan torsi 162 lb-ft.

7. Mobil Mini Cooper Convertible S

Hasil gambar untuk Cooper Convertible

Tidak kalah dengan lainya meskipun memiliki desain yang kecil namun mobil Mini Cooper ini telah dibekali mesin 2.0 Liter berteknologi TwinPower Turbo yang menjadikannya mampu berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 6.7 detik dan memiliki top speed hingga 230 km/jam. Mini juga melengkapinya dengan fitur Driving Mode dan transmisi Steptronic Sport Automatic Transmision yang menjadikan performa Mini Cooper Convertible S semakin responsif.

8. Mobil Mini Convertible John Cooper Works

Mini Convertible atau yang memiliki sebuutan lain yakni  sebagai Mini Cabrio. Tipe John Cooper Work bermesin 2.0 Liter TwinPower Turbo yang sanggup mengeluarkan tenaga 231 Horsepower. Dengan desain juga lebih keren, karena sudah dilengkapi Air Scoop pada bagian kap mesin dan menggunakan velg JCW yang merupakan salah satu velg mobil terbaik di dunia. Selain itu mini juga melengkapinya dengan gearbox 6-Percepatan Sport Automatic yang mendukung fitur Paddle Shift.

9. Mobil Mini Cooper 3 Door

Gambar terkait

Melihat harga mobil Mini Cooper ini mencapai 720 Juta Rupiah dan dibekali mesin 3 Silinder 1.498cc yang dilengkapi teknologi Turbo tentu harga yang fantastis. Namun  kelebihan lainnya yakni memiliki tenaga yang bisa dikeluarkannya mencapai 136 PS dan didukung transmisi automatic. Dan juga tersedia pula fitur Dynamic Control dan Stability Control yang menjadikan sistem keamanan mobil 3 pintu ini semakin optimal.

baca juga Tips Modifikasi Motor Dari Motor Matic Hingga Motor Bebek !

10. Mobil Mini Cooper 3 Door S

Jika kita membedakan antara Mini Cooper 3-Door standar dan 3-Door S adalah dapur pacunya yang lebih bertenaga. Maka mobil ini sudah dibekali mesin 2.0 Liter yang dioptimalkan TwinPower Turbo dan transmisi Sports Automatic sehingga bisa menghasilkan tenagan lebih besar, yakni mencapai 192 PS atau setara 141 kw. Perbedaan lainnya  yang menonjol adalah dilengkapi Air Scoop dan Track Style Grille yang menjadikan desain mobil ini lebih sporty.

Bagi kalian yang saat ini masih memiliki planning untuk membeli mini cooper sudahkah anda menentukan pilihan? Tentu mesikipun mobil mini cooper ini terkenal mahal dan desain yang kecil tapi memiliki mesin yang berkualitas. Maka tidak heran banyak orang yang ingin memilikinya. Selain itu laju mobil ini juga tidak kalah dengan mobil lainnya. Banyak pilihan model mobil mini ini tentunya salah satunya sudah menarik mata anda untuk membelinya. Namun perlu diperhatikan pula pada kekurangan yang dimiliki mobil ini sebagai pertimbangan anda saja.

Terimakasih semoga berrmanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *