Menakjubkan Beginilah Deretan Mobil Balap Terkeren 2019

Menakjubkan Beginilah Deretan Mobil Balap Terkeren 2019

Apakah anda termasuk orang yang senang melihat pertarungan mobil balap di tv ?

Dunia otomotif memang tidak ada habis – habisnya dalam memajukan dunia mobil termasuk juga dalam lingkup mobil balap. Diantara kalian pastinya ada yang memiliki hobi terhadap dunia mobil balap hingga  dapat mencetak prestasi di balapan mobil.

Mobil balap sendiri memiliki beberapa kejuaraan atau sebuah kompetisi mobil balap, seperti Sports Car Racing (Grand Touring) dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Beberapa Jenis Kejuaraan Mobil Balap

Berikut ini adalah beberapa jenis kejuaraan mobil balap yang anda harus tau :

  1. Touring

Hasil gambar untuk BALAPAN TOURING

Kejuaraan touring adalah kejuaraan mobil balap yang mana menggunakan mobil yang diproduksi massal dan tracktnya di sirkuit. Mobil balap jenis kejuaraan ini adalah mobil seperti BMW 320i, Honda Civic, Audi A4, Volvo S40, dan lainnya. Kalo di kita misalnya menggunakan Toyota Yaris atau Honda Jazz.

Beberapa negara banyak yang menggunakan kejuaraan ini seperti British Touring Car Championship, Japanese Touring Car Championship, Australian Touring Car Championship, Deutsche Tourenwagen Masters, dan banyak lagi. Di indonesia sendiri ada kejuaraan touring yakni : Kejuaraan Nasional Indonesia Touring Car Championship. Untuk tingkat internasional bernama World Touring Car Championship (WTCC) yang pada 2018 berganti nama menjadi World Touring Car Cup yang diadakan oleh FIA.

  1. Formula

Mobil formula  merupakan mobil balap single seater dengan ban yang tidak tertutupi oleh body utama mobil. Pada karakter ban yang terbuka itu, tidak jarang kejuaraan ini disebut juga open wheel car racing. Pada umumnya mobil juga dilengkapi dengan dua sayap di depan dan di belakang untuk menambah downforce. Kejuaraan mobil ini ada 4 yakni formula 1, indy car, formula 2, formula 3 dan formula 4. Adapula kejuaraan lainya yakni seperti seperti kejuaraan formula dengan satu jenis tipe mobil/mesin seperti Formula Renault, Formula BMW, dan Formula Ford. Yang paling terkenal kejuaraan ini adalah indy car dan formula 1.Stock Car Racing

  1. Stock Car Racing

Gambar terkait

Kejuaraan mobil ini biasa dikenal dengan production car racing atau balap mobil pabrikan yang tidak dimodifikasi. National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) merupakan kejuaraan balap mobil pada sirkuit yang mana mempunyai karakter lintasan yang berbentuk oval. Pada pertandingan jenis ini, Pertandingan dibagi menjadi 3 stage dengan total laps mencapai kisaran 200-500 laps (tergantung track). Selain itu pada kejuaraan ini kecepatan maksimal mobil dapat melampui 320 km / jam. Kejuaraan mobil balap  ini merupakan jenis kejuaraan yang terkenal di amerika.

  1. Sports Car Racing (Grand Touring)

Kejuaraan ini hampir Sama dengan touring tetapi mobil yang digunakan adalah mobil sports car dan supercar. Kejuaraan ini disebut dengan kejuaraan Grand Touring (GT).  Mobil yang di gunakan untuk kejuaraan ini adalahseperti Porsche, Audi, Jaguar, Ferrari, Lamborghini, Lotus, Aston Martin, Maserati, BMW, Alfa Romeo, dan produsen sport/supercar lainnya. Adapula beberapa kejuaraan GT juga menggunakan mobil prototipe. Mobil tersebut merupakan mobil yang memang dibuat untuk diikutsertakan dalam sebuah kejuaraan GT. Terdapat 2 jenis kejuaraan sports car ini yaitu kejuaraan balap sebagaimana balap touring dan balap endurance 24 jam. Pada masa sekaarang ini salah satu kejuaraan yang populer dan masih berjalan adalah WeatherTech SportsCar Championship yang diadakan dari 2014 dan pada umumnya kejuaraan jarang diadakan, meskipun ada membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk jedanya.

  1. Rally

Hasil gambar untuk rally

Arean balap mobil jenis kejuaraan ini berbeda dengan lainnya, jika pada kejuaraan lainnya area balapnya di sirkuit tetapi pada kejuaraan mobil balap ini di jalan umum (public road). Lintasan jenis balapan ini sangat liar dan terjal biasanya bahkan sampai di jalanan yang naik turun tanjakan. Untuk mengikuti kejuaraan mobil jenis ini dibutuhkan teknik khusus agar dapat mencapai finish. Kejuaraan rally internasional yang sangat populer adalah World Rally Championship (WRC) yang diadakan sejak 1973.

  1. Drag

Balap drag adalah salah satu jenis balap yang sudah lama diadakan. Sejarahnya balap drag hampir sepanjang sejarah mobil diciptakan. Balap drag ini sangat simpel, umumnya dua mobil beradu kecepatan pada lintasan lurus sampai garis finish. Kejuaraan drag memiliki panjang lintasan pada yang umum adalah quarter mile alias seperempat mil (402 m). Adapula yang menggunakan lintasan lebih pendek yaitu 305 m dan 201 m. Kejuaraan drag yang sangat populer adalah National Hot Rod Association (NHRA) yang diadakan di Amerika dan Kanada.

  1. Drift

Gambar terkait

Drift adalah salah satu jenis balapan mobil yang sangat populer. Drift merupakan teknik bermanuver yang umumnya pada belokan dengan keadaan mobil yang oversteer. Oversteer adalah dimana kondisi ketika bagian belakang mobil melintir/ bergeser yang biasanya diakibatkan ban belakang kehilangan daya cengkram. Dimana  mobil sengaja dibuat oversteer dengan menggunakan beberapa teknik dan pengemudi mempertahankan kondisi oversteer tersebut dari awal sebelum berbelok sampai keluar dari corner. Saat ini Kejuaraan drift yang populer seperti Formula Drift dan D1 Grand Prix.

  1. Rallycross

Hampir sama dengan rally yakni rallycross juga dilakukan jalan umum non sirkuit. Lintasannya yang digunakan merupakan perpaduan area jalan umum dan area jalan terjal. Meski demikian ada perbedaan pada rally dan reallycross. Pada rally dilakukan dengan satu mobil satu persatu melaju melawan waktu. Sedangkan pada rallycross ini bersama-sama dan tujuannya siapa yang duluan sampai finish. Hal yang biasa terjadi pada pertandingan mobil ini adalah pada awal start rallycross seringkali diwarnai tabrakan antar mobil. Perbedaan lain adalah pada rallycross dilakukan dengan seorang driver dan sedangkan rally dilakukan dengan seorang pembalap dan seorang navigator untuk membacakan pacenote yang merupakan petunjuk jalan. Kejuaraan  populer rallycross adalah World Rallycross Championship (WRX) dan European Rallycross Championship (ERX).

  1. One Make Racing

Gambar terkait

One make racing merupakan balapan dengan menggunakan satu jenis mobil saja. Jadi pada chassis, mesin, dan bannya semuanya sama. Pada kompetisi ini skill pembalap akan nampak dan diuji. Pada umumnya one make racing modifikasi hanya berupa car setup saja dan setting pada camber, tekanan udara ban, sayap, atau stiff-hard suspensi. Kejuaraan jenis ini seperti one make racing misalnya Porsche Supercup, Aston Martin Asia Cup, Suzuki Swift Sport Cup, Toyota Finance 86 Championship.

  1. Off-road Racing

Hasil gambar untuk Off-road Racing

Balap offroad hampir mirip dengan rally terletak pada lintasan non sirkuit yang ekstrim. Meskipun demikian keduanya pasti memiliki perbedaan. Lintasan yang digunakan jauh lebih ekstrim dibanding rally. Pada rally mobil yang digunakan untuk jalanan tetapi dimodifikasi untuk lintasan terjal. Sedangkan pada Off-road Racing  mobil yang digunakan adalah mobil khusus untuk offroad. Off-road Racing terdiri dari dua jenis yaitu balap gurun dan balap offroad lintas pendek. Sesuai namanya balap gurun diadakan di area yang didominasi gurun alias padang pasir. Sedangkan offroad lintas pendek diadakan pada sirkuit offroad tertutup dengan jarak lintasan kisaran puluhan kilometer. Kejuaraan  offroad yang paling terkenal adalah Dakar Rally. Berbagai  jenis lintasan ekstrim pada Off-road Racing seperti padang pasir, bebatuan, lumpur, air, pegunungan, padang rumput, dan lainnya. Pada setiap stagenya memiliki jarak tempuh mencapai 800-900 km per harinya.

Dalam kejuaraan balap faktor utama adalah modifikasi. Modifikasi mobil yang disetting harus baik misal pada mesin, aero, suspensi, dan lainnya akan membuat mobil tampil prima. Mobil kerap kali menjadi menjadi faktor utama kemenangan pada balap mobil. Jadi pada balap mobil bukan hanya pada skill driver semata tetapi juga mobil dan tentunya budget.

Mobil Balap Paling Menarik Perhatian

Setelah penjelasan sebelumnya tentunya anda ingin tahu tentang jenis mobil yang biasa digunakan untuk mobil balap.

  1. Marussia MR02

Hasil gambar untuk Marussia MR02

Marussia MR02 adalah sebuah bukti jika Pat Symonds yakni Direktur dari teknis Marussia. Dirinya telah membantu dalam mendesain mobil balap Formula 1 tersebut. Formula 1 tahun 2013 merupakan sebuah debut acara untuk mobil balap dengan debutant driver Jules Bianchi dan juga Max Chilton yang mengemudikan mobil tersebut. Mobil Marussia MR02 ini mempunyai spesifikasi V8 (90°) mesin Cosworth CA2013K 2.4 L.

  1. Force India VJM06

Force India VJM06 merupakan mobil balap mobil Formula 1 yang dibangun serta juga dirancang oleh sebuah tim Force India. Mobil balap yang akan dikemudikan oleh Adrian Sutil dan Paul di Resta dalam sebuah ajang Formula 1 musim 2013. Tim force india meluncurkan mobilnya pada tanggal 1 Februari 2013. Pada tanggal  itu juga sebuah bukti desain ulang lengkap dari tim mobil tahun 2012.

  1. McLaren MP4-28

Gambar terkait

McLaren MP4-28 adalah mobil balap Formula 1 dari sebuah tim McLaren yang dibangun serta dirancang juga untuk digunakan dalam musim Formula 1 di tahun 2014. Mobil ini diluncurkan sebagai bagian dari perayaan untuk ulang tahun ke-50 dari sebuah tim McLaren.

  1. Toro Rosso STR8

Toro Rosso STR8se yang benarnya mempunyai nama Toro Rosso STR08.  Pada  saat tim Scuderia Toro Rosso inilah dibangun dan juga dirancang untuk digunakan pada Formula 1 di tahun 2013. Daniel Ricciardo dan Jean-Éric Vergne mengendarai mobil tersebut pada tahun 2013.kedua pembalap tersebut dapat menyelesaikan balapan dengan posisi masing-masing 14 serta 15.

  1. Williams FW35

Williams FW35 adalah mobil balap Formula 1 yang dibangun dan juga dirancang oleh sebuah tim Williams untuk digunakan dalam ajang Formula 1 di tahun 2013. Pastor Maldonado dan Valtteri Bottas merupakan juara Seri GP3 2011. Keduanya membuat debut Formula 1 untuk mengemudikan mobil tersebut. Tim  Williams mobil  merupakan tim terakhir dengan mesin dari Renault karena mereka telah bekerja dengan kesepakatan baru yang telah ditetapkan oleh Mercedes.

  1. Mercedes F1 W04

Hasil gambar untuk Mercedes F1 W04

Setelah Michael Schumacher meninggalkan tim kemudian dilanjutkan oleh Lewis Hamilton yang bergabung ke dalam tim tersebut pada tahun 2008.  Mobil Mercedes F1 W04 itu dikemudikan oleh Hamilton dan juga rekan setimnya Nico Rosberg. Pada awalnya  tim Mercedes dalam membangun dan juga merancang mobil ini hanya untuk berlomba pada Formula 1 di tahun 2013. Mulanya nama mobil tersebut ialah Mercedes AMG W04. Mobil Mercedes F1 W04 mempunyai V8 (90°) FO Mercedes-Benz 108Z 2.4 mesin.

  1. Lotus E21

Lotus E21 merupakan mobil dari tim Lotus F1 yang sengaja dibangun dan juga dirancang hanya untuk digunakan pada ajang Formula 1 di tahun 2013.  Kimi Räikkönen yang meraih juara dunia tahun 2007 dan Romain Grosjean yang dapat mengendarai mobil ini. Mobil Lotus E21 pertama kali diluncurkan untuk tahun 2013. Hampir mirip dengan Red Bull RB9, pada Lotus E21 juga mempunyai (90°) Renault RS27-2013 2.4 L mesin V8.

  1. Ferrari F138

Mobil Ferrari F138 merupakan mobil balap Formula 1 yang dibangun dan juga didesain oleh Scuderia Ferrari dan rekan timnya. Fernando Alonso dan Felipe Massa merupakan pembalap yang  dapat mengendarai mobil ini di ajang Formula 1 pada tahun 2013. F138 yang merupakan nama sebuah mobil chassis. Pada tahun 2013 sebagai tahun diproduksinya mobil Ferrari F138, mobil ini menjadi mobil paling tercepat dan  kemudian di akhir Formula 1 menggunakan mesin V8.

  1. Ferrari 250 Testa Rossa

Hasil gambar untuk Ferrari 250 Testa Rossa

Mobil ini merupakan mobil yang  dianggap sebagai salah satu mobil yang paling menakjubkan di antara daftar Ferrari. Hanya ada 22 mobil Ferrari 250 Testa Rossa yang dibuat antara tahun 1957 serta 1958.

  1. Ford GT40 MK II

Ford GT40 MK II adalah mobil yang menjadi  kuda emas yang telah diciptakan untuk mencetak kemenangan pada tahun 1968 dan juga tahun 1969. Pada kejuaraan Le Mans hanya terdapat  satu mobil dalam sejarah yang diuji kehebatannya selama kurang lebih 2 kali.

  1. Bentley Speed

Mobil ini dibuat bertujuan untuk dapat memenangkan Balap 24 jam Le Mans. Setelah 73 tahun lamanya Bentley ini sangat ditunggu dengan speed yang dibuat kembali memebrikan gebrakan yang lebih hebat. Walaupun harus menunggu selama kurang lebih 2 tahun lamanya untuk menguji kehebatannya. Namun Speed masih tetap berdiri menjadi no.2 di daftar mobil balap terhebat.

  1. Aston Martin DBRS9

Aston Martin DBRS9 merupakan kuda besi yang memang dibuat untuk dapat bersaing di FIA GT Championship dan juga kejuaraan 24 jam LeMans.

  1. Mercedes AMG

Mercedes AMG mencetak sebuah mahakarya ini untuk suatu balapan di FIA GT Championship pada tahun 1977. Mercedes tersebut juga menciptakan berbagai model untuk di gunakan pada jalan umum walaupun mereka ternyata menjadi pemenang balap jalanan.

  1. Shelby Daytona Coupe

Hasil gambar untuk Shelby Daytona Coupe

Mobil Shelby Daytona Coupe ini  diciptakan hanya sebagai keperluan balap mobil saja. Keperluan balap mobil tersebut yakni antara tahun 1964 serta tahun 1965 hanya 6 mobil yang dibuat.

  1. Ferrari 330 P3

Ferrari 330 P3 telah dianggap sebagai salah satu mobil jenis  Ferrari yang paling menawan dari yang pernah dibuatnya. Hal tersebut juga membawa teknologi injeksi pada bahan bakar menjadi sebuah model utama dari Ferrari.

  1. Dodge Daytona

Dodge Charger Daytona’s telah dianggap menjadi “Pembawa model” mobil berjenis kokpit belakang pada tahun 1969. Mobil Dodge Daytona mempunyai kecepatan maksimal sekitar 205 mph dan juga 1200 pon gaya turun di depan serta 600 pon gaya turun ke belakang.

  1. Porsche 917

Porsche 917 mempunyai kecepatan tertinggi lebih dari 240 mph, 917. Selain itu  Porsche merupakan mesin ajaib yang membawa pengemudinya menuju sebuah kemenangan. Kemenangan tersebut yakni dalam Le Mans tahun 1970 dan juga tahun 1971kemudian juga Porsche telah menjamin mereka yang akan memenangkan kejuaraan secara keseluruhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *