Beberapa Fakta Pertamax Yang Akan Membuat Anda Tercengang !

Beberapa Fakta Pertamax Yang Akan Membuat Anda Tercengang !

Miniconcenter.com – Bagi anda pengguna kendaraan bermotor maupun mobil tentunya bukan hal yang asing mengenai pertamax. Hampir sama dengan premium, pertamax juga merupakan produk Bahan bakar minyak yang diproduksi oleh pertamina. Pertamax tentu saja merupakan bahan bakar minyak andalan dari pertamina, Produk bahan bakar minyak ini dikelola dengan bahan campuran aditif didalamnya sehingga membuat mesin yang anda gunakan halus yang mana proses pengelolahan tersebut berada di kilang minyak. Perlu anda ketahui pertamax di luncurkan pada tahun 1999 yang mana peluncuran pertamax tersebut sebagai pengganti dari bahan bakar premix  98. Premix 98 sendiri di hentikan karena unsur MBTE yang dapat membahayakan lingkungan sekitar. Pertamax tentu saja lebih unggul jika di bandingkan dengan premium secara kualitas namun secara harga premium lebih unggul dari pertamax.

Pertamax sendiri di ciptakan sebagai rekomendasi untuk kendaraan yang di produksi setelah th 1990 terutama bagi kendaraan yang menggunakan teknologi yang sejajar dengan electronic fuel injection (EFI) dan juga catylac conventer atau biasa disebut pengubah katalik.

Fakta tentang pertamax

Hasil gambar untuk pertamax

  1. Warna

Pertamax ini memiliki warna biru kehijauan hampir sama dengan pertalite namun lebih pekat lagi. Pewarnaan pada bahan bakar minyak ini digunakan untuk membedakan bahan bakar satu dengan lainnya.  Selain itu pewarnaan pada bahan bakar ditujukan untuk mengurangi kecurangan yang terjadi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti pengoplosan, penambahan bahan lain dan hal – hal yang tidak di inginkan lainnya. Pada pewaranaan bahan bakar minyak ini biasa disebut dengan dyses.

Gambar terkait

Gambar terkait

  1. Kandungan Oktan

Jika sebelumnya sudah disinggung pada artikel yang sebelumnya mengenai Kandungan Oktan pada Pertalite  yakni sekitar 90 maka pada pertamax tentu saja memiliki nilai oktan sebesar 92 artinya lebih unggul dari pertalite hal ini dikarenakan karena pangsa pasar pertamax ini ditujukan untuk kalangan menengah atas yang menggunakan kendaran bermobil yang nota benenya mobil itu membutuhkan bahan bakar dengan kadar oktan lebih tinggi.

Selain itu upaya peningkatan oktan juga di gunakan dalam proses pembuatan bahan bakar pertamax ini yakni dengan menambah ethanol. Tentu saja ethanol tersebut digunakan untuk penambahan nilai oktan pada pertamax.

  1. Dampak yang di hasilkan

Gambar terkait

Bahan bakar pertamax ini sangat berbeda dengan pertalite maupun premiun meskipun didalam pertalite di gadang – gadang merupakan bahan campuran premium dan pertamax. Namun, tetap saja dampak yang dihasilkan jelas berbeda. Hal ini di buktikan dengan pembakaran yang di sebabkan oleh bahan bakar minyak jenis pertamaxyang mana menghasilkan bahwa Cox dan Nox yang dihasilkan oleh pertamax sedikit sehingga dampak polusi udara atau pencemaran udarapun jelas sedikit, hal ini berbeda dengan bahan bakar minyak jenis pertalite dan premium yang menghasilkan Nox dan Cox lebih banyak sehingga dampak polusi udara atau pencemaran udara akan lebih tinggi jika terjadi pembakaran.

  1. Harga

Tentunya kita sudah mengetahui  bahwa pertamax ini memiliki harga yang lebih unggul dari premium dan pertalite. Harga yang  telah ditentukan pada bahan bakar minyak jenis pertamax ini merupakan harga yang disesuaikan dengan harga internasional dimana harga tersebut tidak memiliki subsidi dari pemerintah.

  1. fungsi penggunaan

Tentu saja pertamax merupakan bahan bakar minyak yang digunakan untuk mesin memilki kompres yang tinggi yakni seperti mobil. Pergerakan piston mesin sangat bekerja secara optimal dan juga pertamax ini memiliki keunggulan yakni mesin yang dihasilkan dapat melakukan pembakaran lebih maksimal sehingga mesin kendaraan tidak cepat rusak bahkan pembakaran maksimal ini lebih unggul dari pertalite dan premium.

Selain bahan bakar yang telah disebutkan pertamax memiliki bahan campuran lain yakni seperti Shell Super dan Petronas Primax 92.

Apakah anda ingin mengetahui kabar terbaru dari harga pertamax ?

 

Jenis Harga Sebelumnya Per liter Harga Terbaru per liter
Pertamax Rp 9.500 Rp 10.400
Pertamax Turbo Rp 10.700 Rp 12.250
Pertamina Dex Rp 10.500 Rp 11.850
Premium Rp 6.550 Rp 7.000
Pertalite Rp 7.800 Rp 7.800
Dexlite Rp 9.000 Rp 10.500
Bio Solar Rp 9.800 Rp 9.800

 

Berbeda dengan harga pertalite yang telah kita singgung sebelumnya pertamax ini memilki kenaikan yang cukup mengesankan dari harga sebelumnya yakni Rp 9.500,-  sedangkan harga pada tanggal 27 desember 2018 adalah Rp 10.400,- dengan perbandaingan harga sekitar Rp 900,-. Ini merupakan angka yang cukup fantastis dengan perubahan harga tersebut.

Namun tetap saja bukan hal yang terlalu di pusingkan bagi pemerintah karena pemerintah tahu pangsa pasar pada pertamax ini adalah untuk kalangan masyarakat golongan menengah keatas. Tentu saja terkait dengan yang dijelaskan sebelumnya bahwa bahan bakar pertamax ini untuk mesin yang memiliki kompres yang tinggi seperti pada mobil. Artinya jika kita melihat penggunaan tujuan bahan pertamax tersebut kita tentunya mengetahui bahwa meski memiliki kenaikan harga tetapi tetap saja bisa di jangkau oleh masyarakat menengah keatas. Berbeda dengan bahan bakar minyak jenis pertalite dan premium keduanya merupakan bahan bakar minyak untuk kendaraan yang di peruntukan untuk kalangan menengah kebawah.

Jadi jika anda memiliki mobil dengan mesin kompres tinggi sebaiknya anda sesuaikan kebutuhan bahan bakarnya karena untuk menjaga kelangsungan mesin kendaraan anda sendiri.

 

Keunggulan Pertamax yang Harus Anda Ketahui

Apa yang membuat anda harus memilih pertamax dibanding dengan premium ataupun pertalite ?

  1. tidak memiliki kandungan timbal

Tentu saja ini menjadi nilai plus untuk bahan bakar pertamax karena dalam kandungan pertamax sama sekali tidak menggunakan campuran timbal. Hal ini berbeda dengan premium karena di dalam kandungan bahan premium memiliki kadar timbal yang cukup tinggi sehingga tidak optimal untuk mesin kendaraan anda.

  1. Research Octane Number

Gambar terkait

Kadar RON atau Research Octane Number pada bahan bakar jenis pertamax lebih unggul dengan kisaran RON yakni 92. Nilai tersebut cukup mengungguli 2 bahan bakar lainnya yakni premium dan pertalite yang hanya memiliki kada Research Octane Number sebesar 88 dan 90 saja.

Kadar Research Octane Number atau RON yang tinggi membuat mesin lebih optimal saat di jalankan dan juga lebih bersih pada mesin tidak kotor.

  1. kegunaan pada mesin

Kadar RON yang tinggi sangat berpengaruh pada kinerja mesin yabg digunakan dengan bahan bakar pertamax yakni seperti yang sebelumnya telah disinggung bahwa pertamax merupakan bahan bakar yang dapat menerima mesin berkompresi cukup tinggi sehingga saat di gunakan pada mesin gerakan piston dapat bergerak secara optimal. Berbeda jika anda menggunakan premium yang memilki kadar RON yang cukup sedikit gerakan piston pada mesin tidak sesuai sehingga dapat menmbulkan ledakan. Gejala seperti ini biasa disebut dengan knocking atau mesin ngelitik. Maka jika anda menggunakan kendaraan dengan kompresi mesin yang tinggi maka pastikan anda menggunakan pertamax sebagai bahan bakar kendaraan anda.

 

 

SPESIFIKASI PERTAMAX

 

NO. KARAKTERISTIK SATUAN BATASAN METODE UJI
MIN MAKS ASTM LAIN
1. Bilangan Oktana Riset RON 92,0 D 2699
2. Stabilitas Oksidasi Menit 480 D 525
3. Kandungan Sulfur % m/m 0,05 1) D 2622 / D 4294
4. Kandungan Timbal (Pb) gr/liter 0,013 2) D 3237
5. Kandungan Fosfor mg/l D 3231
6. Kandungan Logam (Mn, Fe, dll) mg/l D 3831
7. Kandungan Silikon mg/kg IICP-AES (Merujuk metode in house dengan
batasan deteksi = 1 mg/kg
8. Kandungan Oksigen % m/m 2.7 3) D 4815
9. Kandungan Olefin % v/v 4) D 1319
10. Kandungan Aromatik % v/v 50,0 D 1319
11. Kandungan Benzena % v/v 5,0 D 4420
12. Distilasi: D 86
10% vol. penguapan oC 70
50% vol. penguapan oC 77 110
90% vol. penguapan oC 130 180
Titik didih akhir oC 215
Residu % v/v 2,0
13. Sedimen mg/l 1 D 5452
14. Unwashed Gum mg/100 ml 70 D 381
15. Washed Gum mg/100 ml 5 D 381
16. Tekanan Uap kPa 45 60 D 5191 / D 323
17. Berat Jenis (pada suhu 15 oC) kg/m3 715 770 D 4052 / D 1298
18. Korosi Bilah tembaga merit Kelas 1 D 130
19. Uji Doctor Negatif IP 30
20. Belerang Mercaptan % massa 0,002 D 3227
21. Penampilan Visual Jernih dan terang
22. Warna Biru
23. Kandungan Pewarna gr/100 l 0,13

Catatan umum:

  • Additive harus kompatibel dengan minyak mesin (tidak menambah kekotoran/kerak). Additive yang mengandung komponen pembentuk abu (ash forming) tidak diperbolehkan.
  • Pemeliharaan secara baik untuk mengurangi kontaminasi (debu, air, bahan bakar lain, dll).
  • Pertamina tidak melakukan penambahan timbal maupun komponen logam pada proses produksi.
  • Batasan 0,05% m/m setara dengan 500 ppm.
  • Pada atau di bawah batasan deteksi dari metode uji yang digunakan. Tidak ada penambahan yang disengaja.
  • Bila digunakan oksigenat, jenis ether lebih disukai. Penggunaan etanol diperbolehkan maksimum 10% volume (sesuai ASTM D 4086 dan pH antara 7-9). Alkohol berkarbon tinggi (C>2) dibatasi maksimal 0,1% volume. Penggunaan metanol tidak diperbolehkan.
  • Bila kandungan Olefin di atas 20%, hasil pengujian angka stabilitas oksidasi minimum 1000 menit.
  • Keputusan Direktur Jenderal Minyak & Gas Bumi No. 3674 K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin yang Dipasarkan di Dalam Negeri. 

sumber : www.pertamina.com

Lalu apa yang membedakan premium dengan pertamax ?

Perbedaan Pertamax dengan Premium

Penulis akan merangkum sedikit tentang perbedaan premium dengan pertamax yang harus anda ketahui :

Hasil gambar untuk mesin pertamax

  1. Harga

Jelas saja harga adalah faktor utama yang harus kita pertimbangkan jika kita akan membeli sesuatu. Begitu juga  dengan bahan bakar minyak atau biasa disebut dengan BBM yang sudah seperti kebutuhan pokok sehari – hari. BBM bukan sebuah hal yang mewah karena rakyat indonesia rata – rata sudah memiliki kendaraan di rumah bahkan pastinya di antara kalian ada yang memiliki kendaraan lebih dari satu hal ini lah yang memicu adanya harga pada bahan bakar minyak sebagai faktor utama untuk digunakan.

Perlu anda ketahui bahan bakar minyak jenis premium tentu lebih ramah dikantong di bandingkan dengan pertamax ini dikarenakan pada harga yang telah di tentukan untuk harga jual pertamax pemerintah tidak memberikan subsidi dan juga harga tersebut merupakan harga internasional. Faktor ini yang menyebabkan seseorang pemilik kendaraan lebih menyukai premium dibandingkan dengan pertamax.

  1. kualitas

Poin kedua  yang sudah anda ketahui sebelumnya adalah bahwa RON pada premium lebih sedikit dibandingkan dengan Pertamax ini yang menyebabkan anda harus lebih memilih pertamax sebagai bahan bakar yang anda gunakan pada kendaraan anda karena semakin tinggi kadar RON pada bahan bakar akan lebih mengoptimalkan pada mesin kendaraan sehingga kendaraan saat digunakan lebih halus.

  1. kadar timbal

Pada bahan bakar pertamax anda tidak akan menemukan kadar timbal yang terkandung di dalamnya sedangkan pada premium tentunya anda akan menemukan kadar timbal di dalamnya.

Setelah penjelasan diatas tentunya anda lebih mempertimbangkan untuk tidak memakai pertamax karena meskipun harganya selangit pertamax tetap juara dalam kualitas bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu ada tips lain agar anda dapat menghemat budget pengeluaran anda tentang bahan bakar minyak (BBM).

KARTU KREDIT HEMAT UNTUK PENGISIAN BBM

Salah satu trik yang dapat anda lakukan untuk mengehamt BBM adalah dengan menggunakan kartu kredit. Dengan kemajuan jaman globalisasi sekarang kartu kredit bukan lagi hal yang awam untuk digunakan apalagi fitur pendukung untuk mempermudah transaksi termasuk dalam pembayaran pengsian BBM anda akan mendapat sebuah reward, point dan juga cashback. Dengan demikian anda dapat menekan sedikit biaya untuk bugdet pengisian BBM kendaraan yang anda miliki. Berikut beberapa kartu kredit yang memiliki fasilitas oke punya dalam membantu anda menghemat pengisian BBM :

1. Danamon World

Hasil gambar untuk danamon world card

Pastinya diantara kalian memiliki kartu kredit ini yakni kartu kredit world produk dari danamon. Jika anda menggunakan danamon world untuk pengisian BBM di SPBU dengan transaksi minimum sebesar Rp 100. 000,- perbulan anda akan mendapatkan cashback sebesar 5% pertransaksi. Tentunya cashback ini akan membantu anda dalam menghemat anggaran biaya belanja bulanan anda.

2. Citibank Cashback

Hasil gambar untuk citibank cashback

Bagi anda para pemegang kartu kredit Citibank Cashback anda juga dapat menghemat pengeluaran penbelian bahan bakar minyak. Hal ini dikarenakan jika mereka transaksi di SPBU akan mendapatkan cashback sebesar 5%. Selain itu dengan menggunakan kartu kredit citibank cashback ini, Anda memilki peluang dan kesempatan untuk mendapatkan tambahan cashback dengan kisaran jumlah maksimal Rp 100.000,- untuk setiap transaksi kategori SPBU ini.

3. HSBC Signature Experience

Hasil gambar untuk hsbc signature experience

Selain kartu kredit yang telah disampaikan sebelumnya ada juga kartu kredit lain yang dapat berguna untuk menghemat pengeluaran budget bulanan mengenai bahan bakar minyak. Bagi and pengguna kartu kredit ini tentunya anda akan mendapatkan point reward dengan melakukan pengisian bensin. Kartu kredit tersebut adalah Signature Experience produk dari HSBC dengan menggunakan kartu ini untuk transaksi di SPBU anda berhak mendapatkan point reward sebanyak 2 point rewards  untuk tiap transaksi sebesar Rp 2.500 dan kelipatannya di SPBU.

Setelah informasi yang sudah dijelaskan di atas mengenai kartu kredit penghemat BBM tentunya anda lebih bisa bijak lagi dalam berkendara dan tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya pengeluaran untuk bahan bakar minyak. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *