Fakta Pertalite Yang Bikin Kamu Terkejut !

Fakta Pertalite Yang Bikin Kamu Terkejut !

Bukan hal yang asing lagi jika kita mendengar tentang pertalite karena tentu diantara kalian sudah mengetahuinya terutama pengguna kendaraan bermotor pertalite sudah seperti penolong saat menggunakan sepeda motor. Namun pastinya beberapa dari kalian tentunya belum mengerti makna dari pertalite meskipun banyak orang yang menggunakan bahan bakar pertalite untuk sepeda motor tetapi tentu saja hal ini tidak serta merta membuat orang tau tentang seluk – beluk pertalite ini.

Pengertian pertalite

Pertalite yang merupakan bahan bakar minyak atau biasa disebut BBM adalah keluaran bahan bakar mnyak jenis baru yang di produksi oleh pertamina. jika antara pertalite dibandingkan dengan bahan bakar minyak premium tentu saja pertalite memilki kualitas lebih bagus dan mempuni menjadi bahan bakar minyak untuk kendaraan. Hal ini dikarenakan pada bahan bakar minyak jenis pertalite ini memilki kadar RON (research oktan number) sebanyak 90 sedangkan jika kita melihat Research Oktan Number pada bahan bakar minyak premium hanya sekitar RON 88 tentu saja nilai bahan bakar jenis pertalite sudah diatas  nilai kadar yang dicapai bahan bakar premium.

Hasil gambar untuk pertalite

Dari uji tes yang dilakukan untuk menganalisis kadar irit nya sebuah bahan bakar yakni pertalite dan premium menghasilkan bahwa pertakite lebih unggul untuk digunakan sebagai bahan bakar minyak kendaraan karena pertalite membuat pemakaian Bahan Bakar Minyak lebih irit dari premium hal ini dikaitkan karena Research Oktan Number pada pertalite lebih unggul dari premium. Selain itu bahan bakar minyak jenis pertalite ini dalam proses pengolahannya dikilang minyak diciptakan dengan menambah kadar zat aditif di dalamnya dan yang perlu anda ketahui komposisi bahan pembuatan pertalite menggunakan nafta yang memiiliki kadar RON sebesar 65 – 70.

Gambar terkait

Namun agar research oktan number (RON) pada pertalite mencapai 90 dalam pembuatannya di campurkan High Octane Mogas Component atau biasa disebut HOMC  atau nama populernya biasa disebut pertamax, HOMC yang dicampurkan pada pembuatan pertalite memilki RON sebanyak 92 – 95 dan zat aditif lainnya yaitu zat aditif ecoSAVE yang mana zat aditif tersebut digunakan  bukan untuk menambah RON (Research Oktan Number) melainkan untuk kualitas mesin yang digunakan agar tetap irit dan bersih dan mampu menghaluskan mesin yang digunakan dalam kendaraan tersebut.

Gambar terkait

Ulasan komposisi pertalite

  1. HOMC

HOMC memiliki struktur kimia bercabang dan sebuah ring (lingkar) yang mempunyai angka oktan tinggi sehingga daya bakar lebih sempurna dan juga instans cepat. Angka oktan yang dimiliki kisaran diatas 92 sampai lebih dari 98, HOMC ini merupakan produk naphtha (komponen minyak bumi).

Hasil angka okta yang tinggi dikarenakan HOMC merupakan hasil lanjutan produk naphtha atau perengkahan minyak berat. Hasil perengkahan katalitik atau syntetis catalityc direkator kimia unit kilang RCC / RFCC / FCC / plat forming atau proses polimerisasi katalitik lainnya yang membentuk oktan number dengan kisaran yang cukup tinggi.

  1. Nafta

Nafta ini merupakan material yang mempunyai nilai didih pada titik kerrosin dan gasolin yang berguna untuk : bahan bakar jet atau yang biasa dikenal dengan JP – 4 , Bahan awal etilen, sebagai bahan pelarut karet dan juga sebagai bahan pelarut dry cleaning.

 

Lalu kapan pertalite pertama kali di luncurkan oleh pertamina dan mengapa petalite di ciptakan?

Hasil gambar untuk pertalite

Pada tanggal 24 juli 2015 pertamina meluncurkan produksi barunya yakni pertalite dan akhir – akhir ini anda dapat menemukan pertalite di pinggir jalan sehingga anda tidak perlu khawatir jika di tengah jalan anda kehabisan bahan bakar dan area pom bensin jauh dari tempat anda.

Pertamina menciptakan pertalite sebagai produk penengah dimana kualitasnya lebih bagus dari premium namun mengenai harga pertalite lebih ramah dikantong dibadingkan dengan pertamax. Pertalite ini berwarna kehijauan dikarenakan oleh campuran pertamax dan premium di dalamnya.

Menurut menteri ESDM yakni Sudirman said pertalite adalah produk pertamina yang lebih bersih dan ramah lingkungan selain itu kualitas petalite juga lebih bagus dan juga diproduksi untuk segala jenis kendaraan.

Bagi anda pengguna bahan bakar pertalite maupun yang sedang bingung tentang penggunaan bahan bakar minyak untuk kendaraan anda, anda perlu menyimak beberapa keunggulan produk pertamina jenis pertalite ini sebagai berikut:

Keunggulan Petalite Dibandingkan Lainnya

Gambar terkait

  1. Harga

Bukan hal yang asing lagi jika harga pertalite sangat terjangkau dibandingkan dengan pertamax, hal ini membuat peningkatan penjualan pertalite yang merupakan keluaran produk dari pertamina ini sangat meningkat pesat.

  1. Kualitas

Mengenai kualitas tentu saja sangat berbeda dengan premium, pertalite ini memiliki Research Oktan Number diatas premium yakni 90 sedangkan premium masih dengan RON sebesar 88. Selain itu kualitas petamax lebih unggul dari pada premium ini di buktikan dengan kadar bersihnya cairan yang terkandung pada pertalite lebih jernih.

  1. Warna

Pertalite memiliki warna yang mempesona bervisual dan tentu saja terang yakni dengan warna kehijauan seperti yang sebelumnya dijelaskan diatas warna kehijauan ini dihasilkan dari percampuran pada pengelolahan pertalite dengan mencampur pertamax dan premium istilahnya seperti itu.

Gambar terkait

  1. Kandungan

Selain harga dan kualitas serta penampilan tentu saja kita akan mempertimbangkan kandungan yang ada pada pertalite ini. Kandungan yang ada pada pertalite adalah  dimana pertalite ini sama sekali tidak memiliki kandungan timbal sedikitpun serta pada kandungan sulfurnya sebesar 0, 05 % mm atau setara dengan 500 ppm itupu merupakan kisaran maksimal artinya hanya dibatasi pada prosentase yang telah disebutkan tadi pada kandungan sulfurnya sehingga tidak ada peningkatan lebih dari 0, 05 % yang terkandung dalam bahan bakar minyak pertalite ini.

  1. Impor

Bahan bakar minyak jenis pertalite merupakan seratus persen adalah impor, artinya mengenai kualitas juga lebih terjamin.

Dari penjelasan diatas sebagai pertimbangan anda untuk lebih berbondong – bondong menuju pertalite karena tentu saja karena bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite ini lebih oke dibandingkan premium bisa dikatakan bahwa pertalite ini cukup bersih sebagai bahan bakar kendaraan baik motor ataupun mobil dan juga pertalite memiliki kandungan zat aditif yang lebih tinggi dari pertamax sehingga mesin yang anda pakai pada kendaraan anda lebih halus serta pemakaiannyapun lebih irit dari bahan bakar kendaraan lainnya. Harga merupakan topik utama yang kita pertimbangkan sebelum kita membeli barang maupun mengkonsumsinya berikut juga dengan pertalite karena yang kita ketahui pertalite memiliki harga yang cukup ramah dikantong anda dengan kisaran harga lebih ekonomis dari pada pertamax.

Jadi jika anda masih berfikir mengapa pertalite ini diluncurkan ? tentu saja ini merupakan produk pangsa pasar untuk lingkup masyarakat menengah kebawah mengingat bahan bakar pada kendaraan semakin kebutuhan mengenainya semakin meningkat dikarenakan juga produksi seperti motor semakin pesat diikuti dengan penjualannya sehingga perlunya bahan bakar minyak (BBM) ini dapat dijangkau oleh segala kalangan lapisan masyarakat dan tidak kalah mengenai kualitas dan harga yang ekonomis.

Bagaimana harga pertalite akhir – akhir ini ?

Berikut ini adalah harga BBM yang terbaru yakni pada 27 desember 2018 :

Jenis Harga Terbaru (per liter) Harga Sebelumnya (Per liter)
Pertamax Rp 10.400 Rp 9.500
Pertamax Turbo Rp 12.250 Rp 10.700
Pertamina Dex Rp 11.850 Rp 10.500
Premium Rp 7.000 Rp 6.550
Pertalite Rp 7.800 Rp 7.800
Dexlite Rp 10.500 Rp 9.000
Bio Solar Rp 9.800 Rp 9.800

Sumber : www.pertamina.com

*harga diatas merupakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi.

Dari harga diatas yang telah disebutkan pertalite tidak memiliki kenaikan secara signifikan jadi berbahagialah anda yang menggunakan pertalite karena harga pertalite masih sama dari sebelumnya yakni Rp 7.800,- .

Jika anda dapat mengilustrasikan budget BBM dalam waktu sebulan sperti berikut ini :

Jarak kantor anda dari rumah 5 kilo meter dan untuk berangkat kekantor serta dari kantor pulang kerumah anda artinya 2 x jarak yang ditempuh yakni 10 km. ilustrasi kali ini jika anda berangkat kekantor dan pulang kerumah menggunakan mobil pribadi dan kisaran 22 hari kerja dengan memotong waktu weekend yakni sabtu dan minggu. Maka jarak tempuh perhari anda adalah sebagai berikut ini :

Hasil gambar untuk mobil

10 kilometer x 22 hari = 220 km

Artinya dalam sebulan dalam waktu kerja yakni 22 hari anda menempuh jarak 220 km dalam waktu 22 hari. Jika anda menggunakan mobil dengan penggunaan normal pada BBM yang di gunakan sebagai bahan bakar kendaraan mobil adalah perbandingan sebagai berikut 1 : 10 dengan hitungan bahan bakar yang anda gunakan sebagai berikut :

220 km : 10 liter = 22 liter perbulan

Ilustrasi tersebut dapat diartikan bahwa dalam sebulan anda menghabiskan 22 liter untuk bahan bakar mobil  dengan jarak tempuh sebesar 220 km.

Lalu bagaimana jika bahan bakar minyak (BBM) yang anda gunakan adalah jenis bahan bakar minyak pertalite dengan harga perliternya Rp 7.800,-  maka anda dapat menghitung pengeluran uang anda untuk bahan bakar minyak kendaraan mobil sebagai berikut ini :

Hasil gambar untuk harga pertalite per desember 2018

22 liter x Rp 7.800,- /perliter = Rp 171.600,-

Jadi anda mengeluarkan uang perbulan untuk bahan bakar kendaraan mobil anda dengan menggunakan pertalite adalah  Rp 171.600,- tentu saja nominal tersebut dapat dijangkau oleh kalangan menengah di ikuti rata – rata UMK pada setiap daerah sudah mencapai rata – rata angak 1 jutaan lebih. Hal ini sangat memudahkan anda untuk menggunakan bahan bakar minyak untuk kendaraan anda tanpa memotong 50 % dari pendapatan anda.

Namun perhitungan yang sudah penulis jelaskan di atas tidak lah sama dengan lainnya hal ini karena tentu saja tergantung dari spesifikasi konsumsi bahan bakar pada kendaraan anda. Selain itu perbedaan perhitungan tentu saja oleh jarak yang anda tempuh dalam memenuhi aktivitas anda dengan menggunakan kendaraan mobil yang sudah di ilustrasikan  serta dipengaruhi oleh pengemudi itu sendiri yakni cara mengemudikan kendaraan dan jalanan yang rusak serta macet juga dapat mempengaruhi bahan bakar kendaraan sehigga lebih cepat habis. Jadi pastikanlah jalan yang anda tempuh tidak memilki kemacetan yang cukup tinggi dan hindari jalanan rusak karena tentunya menyebabkan kecelakaan dan mempercepat penghabisan bahan bakar kendaraan itu sendiri.

Tentunya Bahan Bakar Minyak bukanlah salah satu alat transportasi yang anda gunakan pada satu bulan. Ada juga biaya tol dan biaya parkir yang menambah rentetan biaya kendaraan di luar dari penggunaan bahan bakar kendaraan yang anda gunakan hal ini tentunya harus ada pertimbangan dalam penekanan biaya tersebut untuk penghematan bugdet bulanan anda.

Setelah anda menyimak penjelasan di atas anda pastinya ragu – ragu dalam menggunakan bahan bakar minyak untuk kendaraan anda maka dari itu selain penulis mengulas tuntas mengenai BBM penulis juga ingin memberikan sedikit tips bagi anda pengguna kendaraan dalam menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM).

TIPS MENGHEMAT BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) ATAU BAHAN BAKAR KENDARAAN

Hasil gambar untuk harga pertalite per desember 2018

  1. Kecepatan

Pernahkah anda berfikir jika menggunakan kendaraan dengan kecepatan tinggi tidak dapat membuat boros bahan bakar kendaraan anda ?

Hal itu tentu saja salah menggunakan mobil dengan kebut – kebutan akan membuat bahan bakar kendaraan pada kendaraan anda cepat habis. Hal yang sering dilakukan saat anda melaju cepat adalah dengan menginjak pedal gas pada mobil atau memutar gas pada motor anda dengan tiba – tiba kendaraan anda berhenti atau biasa disebut dengan rem mendadak saat kendaraan anda melaju cepat. Hal ini membuat kendaraan anda semakin boros jadi mulai dari sekarang berkendaralah secara normal untuk menghemat bahan bakar kendaraan anda.

  1. Memanaskan mesin

Jangan pernah sepelekan waktu saat anda memanaskan mesin kendaraan anda karena pada saat anda memanaskan mesin tentunya bahan bakar yang ada pada kendaraan anda secara otomatis akan terpakai oleh kendaraan anda hal ini menyebabkan pemborosan pada pemakaian bahan bakar yang anda gunakan untuk kendaraan anda. Pastikan anda memanaskan kendaraan dengan waktu yang benar dan hanya saat anda akan hendak bepergian menggunakan kendaraan anda sendiri.

  1. Penggunaan AC

Poin ini untuk para pengguna kendaraan mobil, penggunaan Air Conditioner (AC) sangat mempengaruhi bahan bakar kendaraan karena saat anda menyalakan AC otomatis perputaran terjadi  yang secara langsung ke penggunaan bahan bakar sehingga semakin lama anda menggunakan AC didalam mobil semakin banyak Bahan bakar kendaraan yang anda gunakan.

  1. Aksesoris kendaraan

Tentu saja aksesoris kendaraa sangat mempengaruhi berat muatan pada kendaraan kita seperti bumper , rak jok mobil dan lainnya sehingga penggunaan bahan bakar mobil semakin boros.

  1. Macet

Apa yang anda lakukan pada kendaraan anda saat jalanan macet ?

Jika anda menyalakan kendaraan anda saat macet tentu ini akan memicu penggunaan bahan bakar kendaraan pada kendaraan anda jadi sebaiknya anda mematikan mesin saat jalanan sedang macet agar penggunaan bahan bakar kendaraan anda lebih sedikit meskipun macet. Pastinya anda stress jika jalanan macet dan bahan bakar kendaraan anda berkurang cukup banyak jadi pastikan bagi anda yang senang bepergian menggunakan kendaraan pribadi anda perlu menggunakan tips ini.

  1. Service

Hal lain agar kendaraan anda hemat pada penggunaan bahan bakar kendaraan adalah dengan menservice kendaraan anda secara rutin dan berkala agar mesin anda tidak rusak karena mesin yang rusak akan mempercepat pemborosan pada bahan bakar kendaraan anda sendiri. Selain itu service kendaraan juga membuat kendaraan anda dalam keadaan normal baik – baik saja jadi pastikan anda menggunakan tips ini ya…

  1. BBM

Bahan bakar minyak atau BBM merupakan bahan bakar yang digunakan  biasanya untuk kendaraan bermobil atau motor.  Namun hal ini tentunya anda harus ketahui berapa oktan yang kendaraan anda butuhkan misalnya jika anda menggunakan mobil maka anda menggunakan bahan bakar oktan yang tinggi seperti pertamax dan pertalite dengan tidak menggunakan premium.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *