Tips Modifikasi Motor Dari Motor Matic Hingga Motor Bebek !

Tips Modifikasi Motor Dari Motor Matic Hingga Motor Bebek !

Pernahkah anda melihat model motor dengan gaya unik  dan nyentrik? Begitulah kreatifitas mereka dalam mendesain kendaraannya dengan sangat menarik sehingga tidak bosan untuk di pandang. Selain itu juga kebanyakan dari mereka yang memodifikasi motornya bertujuan untuk meng up mesin agar lebih cepat lagi dalam lajunya. Wah tentunya anda juga ingin bukan memodifikasi motor anda.  Kemajuan dunia otomotif memang sangat di gandrunggi oleh para generasi muda kita sehingga dapat menemukan kreatifitas – kreatifitas yang sangat mempuni baik yang di komersilkan maupun anya sekedar hobby. Yang punya hobi koleksi mobil mewah mungkin bisa membaca artikelnya juga.

Hasil gambar untuk modifikasi motor

Tips Modifikasi Motor Dengan Biaya Murah

1. Mengurangi Berat Piston

Bagi anda para pecinta dunia otomotif sudah tidak asing lagi dengan yang namanya piston. Yang mana piston ini merupakan komponen yang satu ini memang sangat berpengaruh besar terhadap kinerja mesin. Dengan cara kerja komponen bergerak naik turun pada ruang bakar yang terdapat didalam mesin yang berfungsi untuk mengatur kinerja piston memang benar-benara pas. Sehingga harus ekstra hati – hati dalam merombak piston pada motor anda semua agar tidak bertabarkan. Akan tetapi langkah yang harus anda lakukan dengan memangkas sedikit bagian piston dengan catatan harus sesuai dengan semuanya.

Hasil gambar untuk piston motor

2. Mengurangi Volume Ruang Bakar

Langkah selanjutnya dengan cara mengurangi volume ruang bakar yang terdapat pada titik mati atas. Yang mana tempat bertemunya antar piston dan silinder atau sering disebut dengan ruang compresi. Dilakukan dengan cara mengurang ruang bakarnya cukup dengan bubut silinder atau gerenda jika anda mau tetapi semua itu harus perlu perhitungan yang matang. Untuk hasil akhirnya akan sesuai dengan apa yang anda inginkan dan satu lagi penemapatannya harus tepat agar tidak bertabrakan.

3. Mengubah Ukuran Gear

Setelah mengurangi volume ruang bakar cara selanjutnya adalah dengan melakukan proses agar motor lebih kencang yakni denga mengolah di bagian gear rodanya. Dengan langkah awal anda harus mengganti ukuran gear rodanya yang lebih kecil dari ukuran bisanya jadi semisalnya motor anda menggunakan gear berukuran 46 dan 15. Maka anda dapat menggantinya dengan ukuran 45 dan 13 tentunya untuk ukuran tersebut akan sangat berpengaruh pada jalanan yang lurus. Dan juga akan lemah ketika mendapat jalanan yang menanjak tetapi itu tidak menjadi suatu masalh yang besar. seperti honda motor di indonesia, kamu harus baca juga ya artikelnya.

Gambar terkait

4. Mengganti Knalpot Racing

Membuat motor anda lebih cepat lajunya dengan cara anda cukup mengganti knalpot standard dengan knalpot racing, pasti performanya akan sangat berbeda sekali dari sebelumnya. Akan tetapi anda juga harus pintar memilih knalpot racing maka carilah yang tingkat kebisingannya tidak terlalu keras agar tidak di sapa sama pak polisi.

5. Mengatur Gear Ratio

Begitu banyak sekali cara modifikasi motor kencang yang bisa kita lakukan dan salah satunya dengan bermain gear ratio. Geare ratio merupakan salah satu komponen yang terletak pada bagian dalam mesin. Sebelumnya anda terlebih dahulu harus melihat ukuran gear rodanya bertujuan agar bisa memperhitungkan perbandingan antara gear ratio dan gear rodanya. Karena Jika semakin kecil gear ratio maka  pastinya semakin kencang juga performa yang dihasilkan nya.

6. Menggunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Beberapa orang mungkin akan menganggap remeh dengan pemilihan bahan bakar yang digunakan pada motornya sendiri. Perlu kita ketahui hal terpenting bahwa jenis bahan bakar juga sangat memperngaruhi kinerja mesin. Dapat diartikan jika anda menggunakan bahan bakar yung berkualitas tentu performa dan kinerja mesin akan lebih sempurna. Disarankan bagi anda yang memilki kendaraan motor atau lainya yang menggunakann BBM lebih baik menggunakan pertamax untuk bahan bakarnya.

7. Mengubah Noken AS

Hasil gambar untuk noken as

Noken AS merupakan komponen yang memiliki fungsi sangat berpengaruh terhadap kinerja mesinnya. Cara mengolahnnya dengan tahao awal anda semua harus perhitungkan secara benar-benar agar hasilnya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Untuk melakukan proses ini baiknya anda konsultasikan dulu kepada sang ahli.  Dikarenakan akan berdampak buruk jika tidak sesuai dengan perhitungannya.

8. Mengganti Karburator

Komponen yang harus anda perhatikan secara benar selanjutnya adalah karburator. Karena pada komponen ini sebagai tempat antara bahan bakar dan angin yang disatukan untuk proses pembakaran. Hal yang dilakukan selanjutnya anda bisa mengganti karburator dengan karburator yang memiliki kualitas lebih baik dari bawaan pabrik.

9. Membersihkan Karburator Dengan Rutin

Membersihkan karburator juga merupakan hal yang penting karena pada bagian yang satu ini memang sering kali terkena kotoran yang masuk kedalam. Hal inilah yang menyebabkan mesin lebih sering tersendat-sendak jika tuas gasnya di tarik. Khusunya bagi anda yang tidak melengkapi dengan penutup seperti filter udara.

10. Mengganti CDI Motor

Hasil gambar untuk CDI Motor

Tahap selanjunya untuk cara modifikasi motor kencang yang terakhir dengan mengganti CDI yang terdapat pada motor. Biarpun sering dianggap terlihat sangat sepele namun komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting sekali terhadap kinerja mesin. Dengan cara menggantinya dengan CDI yang memiliki kualitas sangat bagus karena di toko sparpart sudah banyak yang menyediakannya Seperti CDI AC dan CDI DC. Kalau kalian sudah memahami bagaimana cara tune up motor, tidak ada salahnya jika kalian sedikit membaca juga bagaimana sih cara tune up mobil yang benar.

Tips Modifikasi Motor Matic Sederhana

Setelah kita mengetahui bergbagai cara untuk memodifikasi motor dengan biaya yang cukup eknomis , maka untuk lebih spesifiknya mengenai modifikasi motor matic maka silahkan anda simak berikut ini.

1. Memasang Filter Udara Yang Berkualitas

Gambar terkait

Memiliki filter udara yang bagus biasanya di buat oleh aftermarket atau aksesoris. Maka anda harus memilih filter udara dengan kualitas yang baik karena filter udara yang baik akan membuat mesin motor matic anda bernafas lebih baik sehingga mampu mengoptimalkan performa motor anda.

2. Menggunakan Knalpot Modifikasi

Dengan memilih knalpot modifikasi berkualita maka  akan sedikit merogok kocek anda tetapi knalpot yang bagus akan meningkatkan torsi dan power motor anda. Knalpot yang berkualitas juga akan membantu “pernapasan” mesin motor anda. Tentunya jika menggunakan  knalpot aftermarket akan memberikan suara yang mantab pada motor kesayangan anda.

3. Mencocokan Ban Dengan Velg Variasi Yang Tepat

Jika anda mengganti velg standar dengan velg variasi maka tidak salahnya asalkan cocok dengan tampilan dan ukuran ban yang anda pakai. Hal inibertujuan untuk meningkatkan pengalaman berkendara anda juga sekaligus membuat penampilan motor anda mejadi lebih gahar.

4. Melengkapi Motor Dengan Wind Shield

Wind shield atau pelindung angin merupakan bagian yang biasanya dipasang di bagian depan kepala speedometer akan meminimalisir tekanan angin dari depan. Pada pelindung ini akan membuat pengendara lebih nyaman saat berada di atas motor. Selain itu memiliki kelemahan dimana aksesoris ini akan menghambat kecepatan motor anda karena menahan aliran udara dari depan. Dan bagi anda pecinta retro aksesoris ini merupakan aksesoris yang wajib anda pasang.

5. Mengganti Lampu Motor

Selain langkh diatas anda bisa juga mengganti lampu motor standar pabrikan dengan lampu LED yang lebih terang. Selain dengan membuat tampilan lebih bagus pada lampu LED ini juga membantu melihat dengan lebih jelas pada malam hari. Jika anda memiliki motor matic keluaran terbaru biasanya sudah langsung memakai lampu LED sebagai standart pabrikan. Namun jika anda ingin tampil beda maka anda bisa memilih lampu LED variasi dengan berbagai model yang bisa cocok dengan kendaraan anda.

6. Memakai REM Cakram Yang Lebih Pakem

Bagi modifikasi motor matic bagian inimerupakan  performa pengereman yang harus benar – benar jadi tujuan utama. Tentunya anda bukan hanya mendesain tampilan luarnya saja tetapi pada fungsi REM nya malah terganggu. Maka pilihlah REM variasi dengan tampilan yang bagus tapi menawarkan pengereman yang lebih baik juga dari standartnya.

7. Memasang Stickering Atau Painting

Sebenarnya untuk mengubah tampilan body motor anda juga bisa hanya dengan memodifikasi motor matic anda lewat stickering atau painting begitu saja efeknya sudah bisa merubah penampilan secara drastis.

8. Memodifikasi Jok

Hasil gambar untuk modifikasi jok motor

Bagi anda para pecinta motor matic yang suka perjalanan jauh pasti dengan mengganti jok motor dengan yang lebih nyaman bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini berlaku juga bagi anda yang sudah mempunyai motor usia agak lama karena biasanya jok sudah mulai keras dan kempes.

9. Menggunakan Alat Penghemat Motor

Perlu di ketahui bahwa melakukan beberapa modifikasi di atas bisa membuat konsumsi bahan sedikit lebih boros. Namun jangan risau karena untuk mengatasinya anda bisa berhemat dengan memasang alat penghemat bahan bakar yang berkualitas. Hal ini bertujuan untuk menghemat bahan bakar ini yang bisa menghemat sampai 35% konsumsi BBM anda.

Tips Modifikasi Motor Bebek Yang Baik

Modifikasi motor bebek juga diperlukan bagi para pecinta motor bebek yang biasanya menganggap semuanya merupakan seni. Beberapa aturan tentang lalu lintas yang memiliki sanksi yang cukup berat dengan mengenai tentang modifikasi motor maka alangkah baiknya jika kita menaati tata tertib tersebut. berikut  ini merupakan tips bagi anada pecinta motor bebek dalam memodifikasi motor kesayanganya :

1. Membuat Rangka

Beberapa bengkel tersedia untuk memodifikasi motor menyediakan jasa membuat rangka trail motor bebek rakitan. Akan tetapi anda berhat i- hatilah untuk tidak sembarangan mengikuti aliran atau gaya tertentu. Hal yang terpenting lainnya adalah nomor rangka di kendaraan harus sama dengan yang tertera di STNK. Jika dalam prosesnya ingin memotong rangka maka sebaiknya mendapatkan izin dari pihak kepolisian terlebih dahulu. Dan juga jika perubahan ini sampai mengganggu ergonomi riding. Tentunya hal ini akan membuat faktor keamanan dan kenyamanan berkendara berubah.  Ini juga berlaku tak hanya pada motor bebek trail rakitan melainkan juga pada aliran lain.

Hasil gambar untuk modifikasi motor bebek

2. Mengubah Dimensi

Tentunya dengan mengubah dimensi berarti mengganti panjang, lebar, tinggi, julur depan, julur belakang, dan julur pergi.  Pada ketentuan peraturan lalu lintas pasal 54 PP 55/2012 menjelaskan bahwa dimensi hanya boleh bertambah 50 mm ke kiri atau kanan. Dan pada pasal 131 PP 55/2012 memperbolehkan pemanjangan atau pemendekan landasan (sasis). Tetapi dengan catatan tidak boleh sampai mengubah jarak sumbu dan konstruksi kendaraan. Hal ini dikarenakan di STNK dan BPKB sudah tercantum dimensi resmi yang dikeluarkan oleh pabrik. Maka jika anda ingin mengubah dimensi di luar itu lebih baik anda harus mengurus surat keterangan ganti dimensi agar aman dari tilang.

3. Mengubah Daya Angkut

Seperti pada penjelasan sebelumnya dengan mengubah daya angkut berarti memperbesar daya angkut kendaraan. Modifikasi umum pada motor bebek biasanya dengan menambahkan kereta gandeng atau tempel pada becak motor dan vespa. Dengan menambahkan bagan angkut maka otomatis dimensi kendaraan akan berubah. Hal ini juga berlaku untuk penambahan ke samping kendaraan. Tidak perlu khawatir karena pada penambahan ke belakang masih diperbolehkan dalam batas tertentu. Dengan catatan tidak boleh mengubah jarak sumbu asli dan harus menggunakan material yang sama. Selain itu juga harus disesuaikan dengan daya dukung jalan yang dilewati. Adapula penambahan box yang sering ditemui dalam modifikasi motor sport juga perlu memperhatikan beberapa hal. Ketentuan pada ukuran bracket box tidak boleh melebihi dimensi asli dan daya angkut kendaraan.

Gambar terkait

4.  Meningkatkan Mesin

Memningkatkan mesin ini biasanya dilakukan dengan melakukan bore-up atau mengubah kapasitas mesin. Namun sebenarnya bisa merugikan Anda sendiri karena pada material blok mesin sudah dirancang khusus dan tak perlu diutak-utik. Maka malah membuat mesin bekerja di luar batas dan membuat umur mesin jadi lebih pendek karena komponennya cepat aus. Umumnya perubahan lain yang sering dilakukan adalah engine swap atau mengganti mesin dengan merk dan tipe mesin berbeda. Namun ini juga yang dilarang dalam Pasal 277 UU no.22/2009. Maka jika tetap ingin melakukannya anda harus melakukan dan lulus uji kendaraan terlebih dulu. Selain itu anda juga perlu membawa surat keterangan dari bengkel modifikasi motor yang melakukan perubahan.

5. Mengubah Ban

Pada umumnya bengkel modifikasi motor juga menambahkan pelek ukuran lebar. Hal ini dikarenakan ban cacing memang dapat mengurangi beban kendaraan sehingga lajunya bisa lebih kencang. Akan tetapi ban seperti ini sebenarnya lebih cocok dipakai saat kontes atau event. Dan juga tidak cocok digunakan untuk sehari-hari di jalan raya. Hal ini dikareanakan permukaan ban yang kecil membuat daya cengkramnya ke jalan berkurang. Selain itu melihat kondisi jalan di Indonesia masih banyak yang rusak dan berlubang. Hal ini yang mengakibatkan faktor keamanannya berkurang.

Gambar terkait

6. Lampu

Lampu merupakan salah satu komponen terpenting yang menentukan keamanan berkendara. Tertera pada ketentuan tentang lampu kendaraan yang sudah diatur dalam undang-undang terutama dalam PP no.55/2012. Yang mencakup semua lampu dari mulai dari lampu utama depan, lampu belakang, sein, rem, dan lampu lain yang sesuai standar pabrik. Selain itu daya pancar dan warna lampu tak kalah penting dan harus diperhatikan. Maka lebih baik anda jangan sembarangan mengganti warna lampu di luar standar yang telah ditentukan. Misalnya dengan mengganti lampu depan dengan sinar putih kebiruan yang dapat menyilaukan dan membahayakan pengendara lain.

7. Mengubah Warna Dasar

Pengubahan warna kendaraan termasuk jasa yang paling sering disediakan bengkel modifikasi motor drag dan bebek. Namun anda harus hati-hati agar warna dasarnya tidak berubah dari yang tercantum di STNK. Akan tetapi jika masih ingin mengganti warna kendaraan maka anda harus pastikan untuk mengurus suratnya ke kepolisian.

8. Mengubah Knalpot

Mengubah knalpot sebenarnya boleh namun harus memenuhi batasan emisi gas buang dan tidak melebihi batas kebisingan suara. Sebaiknya anda  memilih knalpot racing yang memiliki DB Killer dan hindari penggunaan knalpot tiruan.

9. Plat Nomor

Plat nomor merupakan hal yang penting karena mencakup identitas kendaraan sehingga harus bisa dibaca dengan jelas. Maka pastikanlah kendaraan Anda masih memiliki plat lengkap di depan dan belakang. Jika anda masih ingin memodifikasi cukup rapikan huruf dan angkanya saja. Yang harus anda perhatikan adalah hindari mengubah bentuk, warna, bahan, ukuran, cara memasang apalagi hingga menghapus cap kepolisian.

Semoga bermanfaat terimakasih 🙂

baca juga Beginilah Tips Naik Pesawat Terbang Dan Benda Yang Dilarang Untuk Dibawa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *