Mengejutkan Beberapa Alat Transportasi Yang Bikin Anda Mengenang Masa Lalu!

Mengejutkan Beberapa Alat Transportasi Yang Bikin Anda Mengenang Masa Lalu!

Penggunaan Alat Transportasi

Setiap hari diantara kalian pasti tidak asing dengan alat tranportasi terutama yang memiliki hobi bepergian dan juga traveling. Alat transportasi ini sangat berguna bagi masyarakat untuk mempermudah akses kita menuju suatu tempat. Di jaman yang cukup modern ini alat tranportasi sudah memiliki progres kemajuan kedepan dari mulai aspek mesin dan bahan bakar sampai pada modifikasi bentuk. Tentunya di antara kalian sudah ada yang memiliki kendaraan sendiri apalagi jika kalian merupakan orang yang setiap hari harus melewati beberapa jarak kilometer untuk sampai ketujuan entah itu tempat kerja ataupun yang masih bersekolah. Kemajuan alat transportasi sendiri memiliki sarana dan prasarana sebagai jalur untuk mengakses tempat. Prasana dalam transportasi bukan lagi hal yang sulit untuk di cari bahkan terbilang mudah jika kita dapat melihat kemajuan dari segi prasana transportasi. Banyak di antarannya seperti jalan tol yang memiliki kemajuan bahkan sampai sudut wilayah yang mungkin dulunya banyak lubang sehingga mempermudah terjadinya kecelakaan sedangkan sekarang pemerintah sedang gencar – gencarnya dalam membangun infrastruktur terutama prasarana transportasi. Dengan segala kemajuan saran dan prasarana transportasi banyak orang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi oleh karenannya peningkatan penjualan kendaraan semakin meningkat terutama pada produk motor dan mobil tentu saja ini menjadi pencapaian perusahaan kendaraan yang ada di indonesia.

Gambar terkait

Perkembangan Alat Transportasi Indonesia

Di indonesia sendiri bukan hal yang sangat langka untuk dapat menggunakan kendaraan apalagi sepeda motor bahkan fenomena ini merambah sampai kepada anak kecil yang masih di bawah umur. Di belahan kota anak usia dini sudah di tempa untuk berlatih sepeda motor bahkan menjadi seorang pembalap. Hal ini merupakan peristiwa yang penting untuk menjadi PR orang tua karena pemerintah sendiri tentunya memiliki ketentuan untuk berkenda dalam usia berapa yang patut untuk dapat berkendara.  Tidak sedikit anak menjadi korban kecelakaan dalam mengendarakan sepeda motor maka dari itu bagi anda yang sudah menjadi orang tua jangan pernah memberikan ruang untuk anak anda yang masih dibawah umur untuk mengendarai sepeda motor ini demi keselamatan anak anda sendiri. Terlepas dari hal tersebut banyak orang juga sangat menyukai untuk kesehariannya tidak menggunakan kendaraan sendiri melainkan dengan bantuan angkutan atau semacam alat transportasi online.

Hasil gambar untuk alat transportasi

Kemajuan di bidang alat transporatasi bukan lagi untuk diragukan pasalnya sekarang alat transportasi sudah dapat di akses oleh masyarakat dengan sebuah aplikasi. Di indonesia sendiri pencapaian alat transportasi menggunakan situs online sudah menadapat tingkatan yang unggul. Hal ini dikarenakan seseorang lebih sukar untuk terjun langsung menunggu angkutan di halte atau dijalan oleh karenanya alat transportasi yang dapat di akses menggunakan aplikasi dan website sangat diperlukan. Di indonesia sendiri alat transportasi yang sedang booming dalam memnggunakan aplikasi adalah gojek dan grab. Keduanya tentu anda sudah sering menggunakan apalagi bagi anda yang tinggal diperkotaan besar yang sudah terbiasa memakan macet sehingga kemungkinan besar anda akan telat untuk menuju ke tempat kerja atau sekolah. Gojek dan grab ini di akses melalui aplikasi yang dapat di unduh di playstore tentunya ukup kita daftar saja lalu pesan sesuai kebutuhan anda. Perlu kita ketahui bahwa di indonesia sendiri kemajuan alat transportasi cukup pesat namun seseorang atau sebagian orang lebih menyukai melihat dunia luar dengan menggunakan internet. Alat transportasi di indonesia sendiri memiliki 3 jenis yakni udara laut dan darat, alat transportasi  yang cukup lengkap ini mempermudah anda untuk mengakses suatu tempat dengan menggunakan alat transportasi darat laut maupun udara.

Gambar terkait

Alat transportasi darat

Alat transportasi darat merupakan salah satu jenis alat transportasi ang dapat di akses melalui darat dengan berbagai prasarana seperti rel, jalan tol, halte, stasiun dan lainnya. Perlu anda ketahui bahwa alat transportasi dengan menggunakan darat sebagi prasarananya memiliki kemajuan yang pesat seperti halnya pada kereta api. Pada jaman dahulu penggunaan kereta api bukanlah hal yang modern bahkan seperti hal yang norak jika seseorang menggunakan alat transportasi kereta api. Namun di jaman sekarang pengaksessan kereta api lebih di majukan dan di modernkan karenanya dapat menaikan angka pengunjung yang menggunakanya. Selain itu ada alat transportasi darat lain yang memiliki peningkatan sebelumnya yakni ojek maraknya permintaan mengenai alat transportasi ini pada daerah perkotaan yang rawan dengan mace. Maka beberapa orang indonesia jenius membuat aplikasi entang ojek untuk dapat lebih mudah di akses oleh beberapa lapisan masyarakat dengan tarif yang cukup murah jadi dapat di gunakan untuk berbagai kalangan masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah.

Berikut ini merupakan beberapa alat transportasi darat yang perlu anda ketahui :

  1. Sepeda

Sepeda ini merupakan alat tranportasi darat yang sederhana karena tidak menggunakan bahan bakar sebagai sarana agar dapat di operasikan. Tentunya  kalian sudah mengenal alat transportasi ini karena alat transportasi modern ini sudah biasa diigunakan saat kita masih kecil bahkan baru berumur berapa tahun. Alat tranportasi ini tidak menggunakan bahan bakar dalam pengoperasiaanya hanya saja jika anda ingin menggunakan alat tranportasi ini anda akan banyak mengeluarkan keringat karena dalam menjalankannya menggunakan tenaga kaki yang diayuh untuk memutar roda. Alat transportasi ini sudah dikenal dari abad ke 18 yakni tepatnya di negara perancis.

  1. Sepeda Motor

Hasil gambar untuk motor

Sepeda motor ini tentunya perkembangan dari alat tranportasi sepeda atau bisa di bilang produk lanjutan dari sepeda. Di indonesia sendiri alat transportasi sepeda motor dalam penjualannya tiap tahun semakin meningkat terlihat pada setiap rumah bahkan tidak jarang kita menemukan sepeda motor bahkan sampai 2 sepeda motor, inilah yang menunjukan penjualan sepeda motor semakin meningkat. Sepeda motor sendiri dalam pengoperasiannya menggunakan bahan bakar seperti yang sudah ada di artike sebelumnya diantaranya yakni pertalite.

  1. Mobil

Sama halnya dengan sepeda motor, alat transportasi mobil ini juga menggunakan bahan bakar sebagai sarana untuk dapat menjalankan kerja mesin sehingga mobil dapat berjalan dengan semestinya. Alat transportasi ini tiap periodenya memiliki kemajuan dalam desain dan kualitas mesinnya tidak jarang hal ni yang memicu seseorang untuk dapat membeli mobil dengan keluaran terbaru. Selain itu meski bahan bakar obil ini sama dengan sepeda motor tetapi tetap saja mobil lebih nyaman di gunkan karena dapat melindungi kita dari perubahan cuaca seperti hujan dan panas.

  1. Becak

Becak merupakan alat transportasi senderhana yang menggunakan tenaga kaki untuk menjalankannya hampir sma seperti sepeda tetapi pada becak kalian akan menemukan tempat duduk di bagian depannya. Becak sendiri berasal dari bahasa hokkien yakni be chia yang artinya kereta kuda dan dalam bahasa jepang alat transportasi tersebut bernama jinrikisha. Becak memiliki roda tiga dimana roda dua di depan dan roda satu di belakang. Pada 1869 orang berkebangsaan amerika membuat becak yang mana orang tersebut pada saat itu sedang traveling ke jepang tepatnya di kota Yokohama.

  1. Bajaj

Bajai merupakan kendaraan bermotor dengan menyerupai mobil tapi perbedaannya pada mobil memiliki roda 4 sedangkan bajaj memiliki roda 3. Selain itu hal yang unik pada bajaj adalah di temukannya bajaj di kota banjarmasin dan pekanbaru serta beberapa kota di indonesia lainnya. Bajaj ini alat transportasi umum, tentunya bagi anda yang menyukai film india sudah pasti menemukan bajaj di film tersebut karena bajaj ini berasal dari negara india dan juga merupakan merk motor di india yakni bajaj auto.

  1. Bemo

Hasil gambar untuk bemo

Bemo merupakan singkatan dari becak motor yang beroda tiga dan biasa di gunakan sebagai angkutan umum. Di indonessia sendiri alat transportasi sederhana ini biasa digunakan pada tahun 1962.

  1. Kereta Api

Hasil gambar untuk alat transportasi

Pastinya anda tahu bahwa kereta api sedang di gencar – gencar kan di jaman sekarang oleh pemerintah sebagai alat transportasi, kereta api sendiri untuk digunakan sebagai alat transportasi dengan desain yang lebih modern tata letaknya hingga prasarananya sehingga jaman sekarang menggunakan kereta api bukan lagi hal yang kampungan melainkan lebih elegant. Kereta api sendiri berasal dari bahasa perancis kuno yakni trahine yang berarti tarik menarik.

  1. Bus

Alat tarasnportasi darat selanjutnya adalah bus yang sudah biasa anda gunakan untuk bepergian kekota. Bus merupakan alat transportasi yang memiliki kapasitas tempat duduk yang cukup banyak sehingga alat transportasi ini di gunakan untuk angkutan umum. Selain itu bus pada era sekarang sudah di desain dengan amat cantik untuk menarik pelanggan, jika kita berada di perkotaan kecil kita bisa menemukan bus dengan kapasitas seperti mobil yakni kecil tidak seperti bus biasanya.

  1. Delman

Gambar terkait

Delman merupakan alat transportasi menggunakan tenaga kuda dengan kapasitas yang cukup. Delman ini biasanya di temukan di daerah kota yogyakarta.

  1. Angkutan Umum

Angkutan umum ini merupakan alat transportasi darat yang digunakan sebagai angkutan pada umumnya seperti bus. Angkutan umum ini bentunknya seperti mobil tetapi dalam taat letak duduknya di hadap – hadapkan sehingga dapat muat cukup banyak. Di antara anda pastinnya pernah menggunakan alat transportasi ini untuk bepergian jarak dekat seperti kepasar.

  1. Ojek

Ojek ini merupakan alat transportasi darat yang bermerk motor namun pada ojek ini motor tersebut di gunakan sebagai kendaraan umum. Sangkin hitsnya ojek ini beberapa aplikasi seperti gojek dan grab awal mulanya di gunakan untuk orang – orang yang ingin mengakses jalan menuju tempat yang di tuju menggunakan ojek bahkan ojek ini sampai di buat film ileh seorang produser.

  1. Bentor

Hasil gambar untuk bentor

Bentor merupakan singkatan dari becak motor yang mana dalam  desain bentuknya memadukan becak dengan motor. Perbedaan becak dengan bentor ini alat yang digunakan dalam pengoperasiannya tidak menggunakan tenaga kaki melainkan dengan menggunakan tenaga motor. Alat transportasi darat ini bisa anda temui di kota gorontalo.

Begitu banyak alat transportasi darat sehingga mempermudahkan anda untuk  menjalankan rutinitas anda sehari – hari.

Alat Transporasi air

 

Jenis alat transportasi lainnya adalah alat transportasi air, dimana alat transportasi ini biasa digunakan untuk sebagian orang dalam mengakses antar pulau bahkan ada juga yang hnaya ingin menikmati keindahan perairan seperti sekedar memancing. Tentunya alat transportasi ini berbeda jika pada sungai dan lautan karena lautan yang luas identik dengan alat transportasi air dengan kapasitas yang besar bahkan dapat memuat alat transportasi darat seperti bis. Jika kalian yang pernah bepergian menggunakan kapal tentunya kalian sering menemukan berupa bis – bis dan mobil yang di masukan kedalam kapal. Beberpa alat transportasi air yang perlu anda ketahui.

  1. Getek

Pernahkah anda mendengar alat transportasi getek ? atau mungkin anda pernah menggunakannya sebagai alat transportasi ? getek ini merupakan alat trasnportasi air yang sudah dikenal pada jaman dahulu mungkin pada era 90an. Tentunya anda yang lahir di era 90an ketas sudah mengenal alat tranportasi ini. Getek ini biasanya di gunakan sebagai alat transportasi darat yakni di sungai dan danau karena getek dibuat  dari bahan bambu sehingga jika di gunakan pada lautan dapat ikut arus ombak atau di hantam ombak. Getek ini biasanya di temui di desa – desa yang mmemiliki sungai yang cukup luas.

  1. Kapal

Gambar terkait

Alat transportasi laut lainnya adalah kapal layar yang di gunakan orang jaman dahulu untuk mengakses jalan antar pulau. Pada mulanya kapal ini di kenal pada era masa  neolitikum yakni sekitar 10 abad yang lalu.

  1. Sampan

Hasil gambar untuk alat transportasi

Sampan merupakan alat transportasi air sederhana yang terbuat dari rangkaian kayu dengan kapasitas yang cukup kecil sehingga hanya muat beberapa orang saja. Sampan sendiri dalam penggunaanya di gunakan dengan alat seperti dayung ynag di gerakan secara manual sehingga alat transportasi tersebut dapat berjalan.

Alat transportasi Udara

Hasil gambar untuk alat transportasi

Alat transportasi udara tentunya di gunakan dengan prasarana udara sebagai lintasan tapi dalam hal ini udara tidak memiliki rambu – rambu lalu lintas seperti kendaraan darat tapi tetap saja ada tata aturan yang berlaku pada penerbangannya.

Pesawat merupakan alat tranportasi udara yang paling umum  orang gunakan bahkan pada era modern ini pesawat sudah memiliki sarana dan prasarana yang mempuni. Dalam alat transportasi ini anda dapat menggunakannya dengan menggunakan tiket yang mana  tiket tersebut dapat anda pesan secara langsung ataupun menggunakan situs tertentu. Pada era modern ini pemesanan tiket pesawat tidak perlu ribet karena banyak aplikasi yang khusu untuk pemesanan tiket pesawat bahkan adapula beberapa aplikasi yang digunakan untuk market penjualan seperti tokopedia sudah di berikan fitur pemesanan tiket sehingga mempermudah anda dalam penerbangan ke tempat tujuan anda.

Dari penjelasan di atas tentuny dapat mengembalikan memori anda terhadap alat transportasi yang sederhana terutama pada keluaran ber abad – abad lalu. Dari segala hal yang sudah penulis jelaskan bahwa dapat di simpulkan alat transportasi darat lah yang paling banyak jenis dan bentuknya sedangkan lainnya mungkin perkembangannya masih kurang mencapai kenaikan yang signifikan. Namun pada ccara mengaksesnya hampir sama memiliki kemajuan karena kita dapat menemukan pesanan tiket kereta dan pesawat melalui situs onlineyang sudah di sediakan. Selain itu pada alat transportasi darat kita dapat menemukan aplikasi yang sebelumnya sudah sering penulis sebutkan tadi baik motor maupun mobil sehingga dapat mempermudahkan anda dalam menjalankan rutinitas sehari – hari.  Hal ini yang menjadikan bahwa negara indonesia termasuk negara yang dapat berkembang cukup pesat karena segala hal dapat di peroleh dengan mudah melalui tangan – tangan kreatif masyarakat indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *